Kamis, 25 Juli 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Perputaran Cuan saat Libur Lebaran 2024 Diprediksi Capai Rp276,11 T

Budi Man

| 14 April 2024

| 13:38 WIB

Tampak pemudik di salah satu Bandara yang ingin menikmati libur lebaran 2024. Foto: DOK Kemenparekraf.

EKBISBANTEN.COM-Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memprediksi perputaran ekonomi selama libur lebaran 2024 mencapai Rp276,11 triliun.

Kemenparekraf mengungkapkan, alasan perputaran uang mencapai Rp200 triliun lebih itu disebabkan oleh tingginya pergerakan masyarakat saat momen mudik dan libur lebaran tahun ini. Khususnya untuk sektor pariwisata dan dan ekonomi kreatif.

“Memberikan dampak yang besar terhadap industri pariwisata dan ekonomi kreatif, termasuk pelaku UMKM juga desa wisata dalam mendorong peningkatan ekonomi dan terciptanya peluang usaha dan lapangan kerja,” kata Menteri Parekraf Sandiaga Uno dalam keterangan resmi, dikutip Minggu (14/4/24).

Ia mengatakan mudik dan libur lebaran tahun 2024 sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena telah memasuki pascapandemi sehingga tidak ada lagi pembatasan kegiatan masyarakat.

“Berdasarkan hasil survei, ada tren peningkatan potensi pergerakan masyarakat,” kata Menparekraf Sandiaga.

Pergerakan masyarakat di libur lebaran tahun ini diperkirakan mencapai 193,6 juta orang. Angka ini meningkat dibandingkan pada masa lebaran tahun lalu sebesar 123,8 juta orang.

Peningkatan pergerakan masyarakat untuk berwisata, kata dia, juga ditopang oleh sejumlah faktor lainnya. Yakni libur cuti bersama yang lebih panjang dibandingkan tahun 2023 serta kebijakan izin pengambilan cuti tahunan bagi ASN untuk libur lebaran 2024.

Kemenparekraf telah melakukan kajian yang memproyeksikan perputaran ekonomi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan mencapai Rp276,11 triliun.

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top