Permudah Warga Buat Paspor, Imigrasi Cilegon Sediakan Layanan Jemput Bola

24

CILEGON, EKBISBANTEN.COM – Kantor Imigrasi Kelas II TPI Cilegon menghadirkan sejumlah program dan inovasi pelayanan dalam rangka mempermudah masyarakat membuat paspor di tengah pandemi Covid. Salah satunya layanan pembuatan paspor secara kolektif dengan sisitem jemput bola oleh petugas ke kantor-kantor atau rumah warga langsung.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Cilegon Ruhiyat M Tolib mengatakan, program dari Direktorat Jenderal Imigrasi tersebut dilakukan untuk mengurangi mobilitas masyarakat.

“Inovai layanan kami pertama ertama ada Easy Paspor. Layanan ini digunakan secara kolektif, konteksnya untuk perusahaan, perkantoran, kantor pemerintah, lembaga pendidikan, komplek perumahan juga bisa yang penting ada penanggungjawabnya yang komunikasi dengan kami,” kata Ruhiyat M Tolib kepada wartawan, Senin (6/9/2021).

Program Easy Paspor tersebut dilakukan sistem “Jemput Bola” kepada pihak yang mengajukan pembuatan atau pergantian paspor dengan mengirimkan pegawai dan mesinnya ke lokasi.
“Untuk jumlah orangnya kalau dari Surat Edaran yang kami terima itu 50 orang, tapi setiap daerah menyesuaikan, di sini kita 10 orang saja akan kita selesaikan. Yang sudah menggunakan layanan Easy Paspor diantaranya PT KIEC, Polsek Pulomerak dan sejumlah pesantren,” tambahnya.

Ruhiyat menyampaikan, selain program Easy Paspor pihaknya juga mempunyai program “Sikancil” yang juga mempunyai manfaat yang sama. Namun, dalam program itu pemohon harus datang ke kantor Imigrasi untuk kepentingan pengambilan data.
“Program ini di prioritaskan untuk ibu hamil, lansia dan disabilitas. Nanti kita antarkan paspor sampai ke rumahnya selama masih domisili Cilegon,” ujarnya.

Sementara pelayanan untuk warga negara asing yang ingin membuat atau memperpanjang izin tinggal di Indonesia, Ruhiyat menuturkan pihaknya membuka layanan pengajuan melalui media sosial milik Kantor Imigrasi Cilegon.

“Saat ini bikin paspor bisa di kantor imigrasi di mana saja, tapi khusus orang Cilegon yang ingin membuat paspor silakan, sampai saat ini kuota masih tersedia. Bagi yang ingin kolektif silakan hubungi petugas Customer Service di kantor, nanti akan kami tindaklanjuti,” tutupnya. (Mg-Maulana)