Sabtu, 20 Juli 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Permintaan Pembiayaan dari Nasabah Jadi Faktor Pendorong Peningkatan Penyaluran Kredit Baru

Maulana Abdul Haq

| 21 September 2023

| 10:30 WIB

Freepik.com
Ilistrasi penyaluran Kredit baru oleh perbankan. (Foto: Freepik.com)

CILEGON, EKBISBANTEN.COM – Penyaluran kredit baru oleh perbankan pada Agustus 2023 terindikasi meningkat dibandingkan bulan sebelumnya.

Saldo Bersih Tertimbang (SBT) penyaluran kredit baru pada Agustus 2023 tercatat sebesar 86,2 persen, tumbuh lebih tinggi dibandingkan SBT bulan sebelumnya sebesar 45,1 persen.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Erwin Haryono mengatakan bahwa faktor utama yang mempengaruhi penyaluran kredit baru tersebut antara lain permintaan pembiayaan dari nasabah, prospek kondisi moneter dan ekonomi ke depan, serta tingkat persaingan usaha dari bank lain.

“Sementara itu, untuk keseluruhan triwulan III 2023, penawaran penyaluran kredit baru dari perbankan diprakirakan meningkat. Di sisi rumah tangga, permintaan pembiayaan baru terindikasi relatif stabil pada Agustus 2023,” katanya.

Erwin menyampaikan, pemenuhan pembiayaan yang berasal dari bank umum meningkat dibandingkan bulan sebelumnya. Adapun selain perbankan, sumber pembiayaan lain yang menjadi preferensi rumah tangga untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan antara lain koperasi dan leasing.

Sementara itu, lanjut Erwin, pembiayaan korporasi pada Agustus 2023 terindikasi tumbuh positif meski lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya. Hal tersebut tecermin dari SBT pembiayaan korporasi sebesar 14,7 persen, lebih rendah dibandingkan SBT 17,6 persen pada Juli 2023.

“Adapun sumber pembiayaan korporasi terutama berasal dari dana sendiri, diikuti pembiayaan yang berasal dari perbankan dalam negeri yang tercatat meningkat dibandingkan bulan sebelumnya,” ucapnya.

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top