Penyebab dan Cara Mengatasi Bibir Kering Saat Berpuasa

12
Bibir kering
Ilustrasi bibir kering. (FOTO: FREEPIK).

EKBISBANTEN.COM – Biasanya ketika berpuasa kita mengalami berbagai persoalan. Salah satunya permasalahan kesehatan seperti bibir yang terasa kering menjadi hal yang sedikit ‘mengganggu’.

Bibir yang kering, dalam kondisi parah, bisa timbulkan rasa perih atau bahkan luka berdarah. Apa Anda mengalami hal ini saat berpuasa?

Memang bibir kering saat berpuasa merupakan masalah umum yang sering terjadi karena tubuh cenderung kurang cairan.

Kendati demikian, Anda wajib mengetahui penyebab lainnya dari bibir kering nih. Karena dengan mengetahuinya, setidaknya kita bisa menghindari masalah tersebut.

Berikut penyebab bibir kering saat berpuasa:

  • Kurang minum air

Walau puasa, tetap pastikan kebutuhan asupan air sebanyak kurang lebih 8 gelas terpenuhi. Anda bisa memenuhi kebutuhan ini pada waktu berbuka, malam sebelum tidur, dan sahur.

  • Mengelupas bibir

Bibir yang kering menimbulkan rasa gatal. Tidak jarang orang kemudian menggaruknya dan bahkan mengelupas bagian kulit kering yang terasa mengganggu. Kebiasaan ini justru semakin memperparah kondisi bibir kering.

  • Menjilati bibir

Merasa bibirnya kering, kebanyakan orang justru merasa bisa mengatasinya dengan cara menjilati bibir. Padahal, air liur diketahui dapat menghilangkan minyak alami bibir sehingga membuatnya lebih kering.

  • Tidak memberi perlindungan

Jangan sepelekan manfaat masker. Selain bisa melindungi pernafasan dari kemungkinan menghirup debu dan kotoran, cara ini juga bisa memberi perlindungan pada bibir. Lapisan masker atau kain atau scarf yang dililitkan pada bagian mulut saat bepergian, bisa mengurangi paparan udara dingin dan berangin yang bisa membuat bibir lebih cepat kering.

  • Tidak melakukan eksfoliasi

Sebanyak satu kali dalam seminggu, lakukan pengelupasan bibir secara lembut menggunakan scrub atau gula pasir yang dicampur minyak alami. Eksfoliasi atau mengangkat kulit mati, praktis juga bisa dilakukan menggunakan sikat gigi saat menyikat gigi.

  • Tidak menjaga pola makan

Hindangan berbuka atau sahur rata-rata kurang cukup nutrisi. Maka tidak ada salahnya jika melengkapi kebutuhan ini dengan mengonsumsi suplemen vitamin A dan vitamin E untuk menjaga kehalusan kulit.

  • Bernapas melalui mulut

Pastikan sobat bernapas melalui hidung saja. Aliran udara yang keluar dari mulut bisa memperparah kondisi bibir yang kering.

Untuk mengatasinya, berikut hal-hal yang bisa dilakukan dilansir dari doktersehat.com:

  • Banyak minum air putih

Air putih sangat berguna untuk mengembalikan cairan tubuh sehingga bibir menjadi lebih lembab. Saat sahur dan berbuka puasa, perbanyaklah asupan air putih untuk mengembalikan cairan tubuh.

  • Menyingkirkan kulit mati

Kulit bibir yang mengering sebaiknya rutin dibersihkan seminggu sekali. Lakukan pengelupasan kulit mati di bibir dengan menggunakan sikat gigi berbulu halus. Sebelumnya, olesi bibir dengan petroleum jelly, lalu perlahan gogok bibir dengan sikat gigi.

  • Memakai lipbalm

Sebaiknya saat udara mulai terasa panas dan kering, oleskan lipbalm untuk menjaga bibir tetap lembab dan lembut. Gunakan lipbalm dengan SPF 15 hari pada siang hari. Pilih juga lipbalm yang kaya pelembab (moisturizer) dan mengandung minyak alami.

  • Hindari makanan asin dan pedas

Makanan yang asin membuat mulut jadi kering, sehingga berpotensi menimbulkan bibir pecah-pecah. Pasalnya, asupan cairan tubuh diserap oleh garam. Hindari juga makanan pedas selama puasa, karena bisa membuat Anda diserang haus sepanjang hari.

  • Gunakan Madu

Madu bermanfaat untuk melembabkan dan melembutkan bibir. Saat menjalani puasa agar terhindar dari bibir kering dan pecah-pecah, oleskan madu di atas bibir sebelum tidur, saat sahur dan minumlah madu sebanyak tiga sendok makan.

Nah, itulah tadi penyebab dan cara mengatasi bibir kering saat berpuasa. Semoga bermanfaat ya.