Penyaluran BST Oleh Kantor Pos di Kabupaten Pandeglang Capai 50 Persen

28
Penyaluran bantuan jaring pengaman sosial bagi warga Pandeglang oleh Kantor Pos Pandeglang. Dok/Istimewa

PANDEGLANG, EKBISBANTEN.COM – PT Pos Indonesia mencatat, penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap ke 5&6 di Kabupaten Pandeglang sudah tercapai 50 persen dari total 66.569 keluarga penerima manfaat (KPM), Rabu (28/7).

Kepala Kantor Pos Cabang Pandeglang Andri Maulana mengatakan, penyaluran bantuan pemerintahh pusat tersebut akan diberikan kepada 66.569 keluarga penerima manfaat (KPM) atau senilai Rp39 miliar.

“Teknis penyalurannya dilakukan melalui komunitas terkecil yaitu RW, dimana tim dari kami didroping ke wilayah penerima BST,” kata Andri kepada Ekbisbanten.com.
Lanjut Andri, pihaknya juga terus berupaya memaksimalkan penyaluran BST hingga mencapai 100 persen sampai tanggal 31 Juli 2021.

“Namun penerima BST ini ada beberapa yang pindah alamat dan meninggal dunia, ini prosesnya akan dikembalikan lagi ke Kementerian Sosial (Kemensos) untuk dilakukan pendataan ulang,” imbuhnya.

Selain BST, Andi melanjutkan, Kantor Pos Pandeglang juga mendapatkan amanah untuk menyalurkan bantuan jaring pengaman sosial bagi warga terdampak panemi berupa beras sebanyak 140 ton bagi 140 ribu KPM.

“Teknisnya sama dengan BST, hanya saja jenis penyaluran yang diberikan berbeda,” kata Andri.

Masih kata Andri, untuk penyaluran beras, Kantor Pos Pandeglang berkoordinasi dengan Bulog sebagai penyedia pasokan beras.

“Kalau ketersediaan beras mencukupi, target pada awal bulan Agustus 2021 ini bisa rampung 100 persen. Dan sejauh ini realisasi penyaluran baru ada sekitar 24 ribu KPM,” tutup Andri. (Raden)