Pengusaha Diminta Sediakan Layanan Kotak Pengaduan Bagi Konsumen

17
Foto ilustrasi pixabay

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Banten menyarankan seluruh pengusaha dan penyedia jasa di Provinsi Banten menyediakan kotak khusus maupun nomor kontak layanan lengaduan untuk menerima informasi, melayani laporan atau pengaduan dari masyarakat. Hal ini dilakukan agar konsumen mendapatkan pelayanan yang prima dari pelaku usaha.

“Jangan sampai konsumen curhat di media sosial yang menyebabkan kepercayaan perusahaan menurun,” kata Operator Siswas-PK & Mediator Dinas Perdagangan (Disperindag) Provinsi Banten Enjat Jarkay pada acara sosialisasi Undang-Undang Perilndungan Konsumen yang digelar PT Mitra Sendang Kemakmuran (MSK) Honda Banten bekerjasama dengan Disperindag Provinsi Banten secara daring, Kamis (15/7).

Untuk itu kata Enjat, perusahaan disarankan menyediakan fasilitas atau layanan yang memudahkan konsumen melakukan pengaduan maupun saran konatruktif. Sehingga, hak dan kewajiban konsumen bisa terpenuhi dari penyedia jasa/produk.

“Makanya perlu ada kotak pengaduan bagi konsumen,” katanya.

Selain itu lanjut Enjat, dengan adanya kontak pengaduan, permasalahan yang terjadi dapat diselesaikan secara internal tanpa harus melibatkan lembaga hukum seperti pihak Kepolisian.

“Karena salah satu hak konsumen itu mendapatkan informasi yang benar jelas, dan jujur,” katanya.

Sementara itu Manager Honda Customer Care Center (HC3) PT MSK Honda Banten Nikmatullah mengatakan, untuk memudahkan konsumen mendapatkan informasi layanan, produk dan pengaduan dari masyarakat, Honda Banten sudah menyediakan berbagai chanel yang dapat diakses secara mudah oleh konsumen.

“Dari Astra Honda Motor (AHM) kami sudah menyediakan berbagai layanan kontak pengaduan, mulai dari layanan hotline call center, nomor telepon termasuk bisa mengakses website resmi kami, hingga kontak-kontak di seluruh jaringan bengkel/diler di Banten sudah kami tempel,” kata Nikmatullah.

Harapannya kata Nikmat, pelanggan setia Honda Banten mendapatkan pelayanan yang prima dari pihak diler.

“Ini yang kami terapkan di seluruh jaringan diler Honda Banten agar saran dari konsumen bisa terpenuhi,” pungkasnya. (ismet)