Pengumuman! Pelayanan Dukcapil Kota Serang Dialihkan Secara Online

181
Dok. Banteninsight

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Pelayanan dokumen kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Disdukcapil Kota Serang dialihkan secara online hingga 20 Juli 2021.

Sekretaris Dukcapil Kota Serang Dinar Tricahyani mengatakan loket pelayanan Disdukcapil ditutup sementara hingga masa pemberlakuan PPKM berlangsung.

“Disdukcapil hanya memberikan layanan online saja melalui aplikasi smart dukcapil, website dan whatsapp,” katanya.

Kata dia, hal itu dilakukan sesuai dengan surat edaran dari Pemerintah Pusat dan Wali Kota Serang terkait penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

“tutup dulu sementara selama PPKM Darurat. Namun untuk pelayanan, kami alihkan ke online sekarang ini melalui smartducapil di whatsapp,” ujarnya.

Lanjutnya, pelayanan Disdukcapil dapat dilakukan melalui aplikasi Smart Dukcapil dan Whasapp mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB. Akan tetapi untuk pelayanan rekam kartu tanda penduduk (KTP) elektronik dapat dilakukan di Kantor Kecamatan.

“Bisa di kecamatan (perekaman), kalau dokumen yang sudah jadi akan kami kirim melalui layanan PT Pos, sesuai dengan alamat,” katanya.

Akibat kebijakan tersebut, beberapa warga Kota Serang dihentikan satpam saat hendak mengurus dokumen kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Serang.

Pemberhentian itu dikarenakan akan tetapi peralihan tersebut tidak diketahui oleh warga yang akan mengurus dokumen kependudukan yang mengakibatkan beberapa warga terpaksa putar balik.

Salah seorang warga kota Serang Ismayani mengatakan ia belum mengetahi bahwa pelayanan Disdukcapil dialihkan secara daring. Keinginannya untuk mengurus Kartu Keluarga (KK) terpaksa ditunda dan pulang kerumah.

“Saya enggak ngerti jadi nanti saya balik lagi saja,” katanya saat ditemui didepan gerbang Disdukcapil Kota Serang, Senin (12/7).

Kata dia, saat hendak memasuki Kantor Disdukcapil Kota Serang ia disetop oleh Satpam dan dimintai nomor antrean daring.

“Tadi diberhentiin didepan, katanya harus ada nomor antrean online, terus disuruh nelpon ke nomor whatssapp layanan (Dukcapil) online,” tuturnya.

Hal serupa juga dialami oleh Nanda yang saat itu hendak mengurus dokumen domisili. Ia juga diminta untuk melakukan pengurusan melalui daring.

“Kata satpam diminta daftar online dulu baru bisa ngurus. Ini saya disuruh whatsapp ke nomor pelayanan Dukcapilnya,” katanya.

Kata Nanda, aturan tersebut belum diketahuinya. Hal itu dikarenakan tidak ada sosialisasi dari Disdukcapil baik melalui media sosial (Medsos) atau melalui papan pengumuman.

“Saya enggak tahu, soalnya biasanya kan ada di medsos, ini enggak ramai,” ujarnya.

Untuk masyarakat Kota Serang dapat melakukan Disdukcapil dapat dilakukan melalui aplikasi smart Dukcapil1.2, website Disdukcapil.serangkota.go.id atau dapat dilakukan melalui Whatsapp di nomor 0853 8464 3556 untuk KK dan Surat Pindah, 0853 8464 3552 untuk KTP dan KIA, 0853 8464 3665 untuk Akta Kelahiran dan Akta Kematian. Sementara untuk aktifasi dan Duplicate Record di nomor 0813 8559 7248, sedangkan 0822 9869 1016 untuk customer service dan pengaduan. (*/Raden)