Selasa, 28 Mei 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Pengertian PDB dan Istilah Lainnya

Admin

| 23 Juli 2023

| 18:00 WIB

Ilustrasi PDB via freepik.com

EKBISBANTEN.COM – Produk Domestik Bruto (PDB) merupakan salah satu indikator penting untuk mengetahui kondisi ekonomi suatu wilayah, seperti kabupaten, kota, provinsi maupun negara. Kondisi tersebut terukur dalam suatu waktu tertentu.

Dengan melihat data PDB, ekonomi suatu daerah dapat tergambar dari produktivitas penduduknya. PDB juga merupakan dasar dari perhitungan pertumbuhan ekonomi.

Dalam Bahasa Inggris, PDB dikenal juga sebagai gross domestic product (GDP).

Pengertian

Mengutip dari laman BPS, PDB pada dasarnya merupakan jumlah nilai tambah yang dihasilkan oleh seluruh unit usaha dalam suatu negara tertentu atau jumlah nilai barang dan jasa akhir yang dihasilkan oleh seluruh unit ekonomi.

Masih dalam sumber yang sama, PDB terbagi atas tiga bentuk, ialah PDB atas harga dasar, PDB atas harga konstan dan PDB atas harga berlaku.

PDB atas dasar harga berlaku menggambarkan nilai tambah barang dan jasa yang dihitung menggunakan harga yang berlaku pada setiap tahun.

Sedangkan PDB atas dasar harga konstan menunjukkan nilai tambah barang dan jasa tersebut yang dihitung menggunakan harga yang berlaku pada satu tahun tertentu sebagai dasar.

PDB atas dasar harga berlaku dapat digunakan untuk melihat pergeseran dan struktur ekonomi, sedang harga konstan digunakan untuk mengetahui pertumbuhan ekonomi dari tahun ke tahun.

Jika PDB mengalami kenaikan, dapat dikatakan bahwa negara tersebut mengalami pertumbuhan ekonomi. Begitu pula sebaliknya.

Kendati demikian, PDB yang tinggi belum tentu seluruh penduduk negara tersebut memiliki tingkat ekonomi yang tinggi. Karena memang ada ukuran lain seperti pendapat per kapita yang menjadi salah satu patokan lainnya untuk potret ekonomi penduduk suatu daerah.

Selain itu, PDB juga memberi gambaran untuk mengukur laju pertumbuhan ekonomi daerah maupun nasional, pembanding kemajuan ekonomi antar negara, pertimbangan kebijakan bagi pemerintah, mengetahui struktur ekonomi suatu negara serta menjadi indikator kualitas hidup masyarakat.

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Scroll to Top