Penerapan PPnBm 0 Persen Belum Pengaruhi Pasar Mobil Bekas di Serang

23
Deretan mobil bekas di showroom O-Shaka Motor Serang. Foto/Raden/Ekbisbanten.com

SERANG, EKBISBANTEN.COM РPenerapan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBm) 0 persen yang mulai berlaku pada bulan Maret 2021 belum berpengaruh terhadap penjualan mobil bekas di Kota Serang.

Marketing Sales Showroom mobil bekas O-Shaka Motor Serang Yulianita mengatakan, pihaknya tidak mengalami penurunan penjualan ketika kebijakan tersebut diterapkan. Pasalnya banyak dari masyarakat kini beralih mencari mobil dengan kapasitas mesin diatas 1500 cc.

“Kalau yang kena PPnBm itu kan mobil dibawah 1500cc, tapi masyarakat Serang ini banyak yang mencari mobil tipe SUV dan MVP kelas menengah atas,” ujar Yuli di Jalan Raya Serang-Cilegon kilometer 3, Kota Serang, Jumat (5/3).

Lebih rinci lagi, Yuli mengungkapkan tipe kendaraan SUV dan MVP yang saat ini banyak dicari yaitu, Mitsibishi Pajero, Toyota Fortuner dan Toyota Innova tipe ribbon dan venturee .

“Ini jadi rebutan showroom lain, karena unit nya sangat terbatas, kalau yang sedang mengalami penurunan penjualan itu jenis unitnya seperti, terios, rush, vios dan yaris, ” tambah Yuli.

Dikatakan Yuli, alasan banyak konsumen yang beralih membeli mobil bekas kelas menegah keatas karena harga yang dijual relatif murah, tergantung jarak tempuh dan kondisi mesin dilihat dari servis record.

“Untuk unit Toyota Fortuner TRD 2014 kami jual diharga Rp300 jutaan kebawah, dan itupun kita seleksi lagi kondisi mobil nya seperti apa,” kata Yuli.

Yuli memprediksi, dampak penerapan PPnBm ini akan dirasakan para penjual mobil bekas pada bulan Juli mendatang.

“Karena penerapan kebijakan ini akan berubah setelah bula Juli jadi PPnBm nya bertambah,” tutup Yuli. (Raden)