Penduduk Kabupaten Serang Bertambah Jadi 1,6 Juta Orang

232
Kepala BPS Kabupaten Serang Indra Warman saat ditemui Ekbisbanten.com di kantor BPS Kabupaten Serang.

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Serang mencatat jumlah penduduk di Wilayah Kabupaten Serang mengalami peningkatan sekitar 10,6 persen dari 1,5 juta menjadi 1,6 juta orang.

Data itu mencuat setelah dilakukan sensus penduduk pada September 2020.
Kepala BPS Kabupaten Serang Indra Warman mengatakan, pertambahan penduduk tersebut didominasi di Kecamatan Bandung, Kramatwatu dan Petir. Alasanya karena daerah tersebut banyak pengembang properti membuka perumahan baru.

“Data ini masih asumsi, karena masih dalam proses, kami targetkan bulan November nanti bisa di publikasi,” kata Indra kepada Ekbisbanten.com saati ditemui diruang kerjanya, di Kantor BPS Kabupaten Serang, Senin (26/10).

Sementara itu, kata Indra untuk kawasan industri terjadi penurunan jumlah penduduk, hal ini disebabkan pemutusan hubungan kerja (PHK) yang dilakukan perusahaan akibat pandemi Covid-19.

“Namun tetap kita data, dan kami temukan ada sekitar 3.500 karyawan yang ditempatkan di mess perusahaan untuk di data,” imbuhnya.

Indra melanjutkan, selain melakukan sensus penduduk, BPS Kabupaten Serang juga tengah memproses data jumlah pengangguran dan potensi pertanian di Kabupaten Serang.

“Dengan jumlah 58 tenaga BPS kami, semoga akhir tahun nanti bisa di publish dan dijadikan bahan pertimbangan untuk pemerintah Kabupaten Serang,” pungkas Indra. (Raden)