Pemprov Jabar Pakai Mobil Listrik Sebagai Kendaraan Dinas

40

EKBISBANTEN.COM – PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) secara resmi menyerahkan tiga unit mobil listrik kepada Gubernur Jawa Barat. Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) memiliki dua unit IONIQ Electric dan satu unit KONA Electric. Tiga unit nantinya akan digunakan sebagai mobil dinas oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Dengan menerapkan penggunaan mobil listrik, Pemerintah Provinsi Jawa Barat turut mendukung Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Program Percepatan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Darat.

“Pada tahun 2021, kami akan mulai bertransformasi ke era listrik. Oleh karenanya, menjadi suatu kehormatan bagi saya untuk dapat mengajak dan menjadi contoh bagi warga kami di Jawa Barat untuk mulai beralih dari kendaraan berbahan bakar minyak menjadi kendaraan listrik,” ujar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Kang Emil sapaan akrabnya juga memberikan apresiasi atas investasi Hyundai di Cikarang, Jawa Barat. Baginya kehadiran Hyundai sejalan dengan visi Pemprov Jabar.

Bagi Presiden Direktur Hyundai Motors Indonesia, SungJong Ha, penyerahan tiga unit mobil elektrik Hyundai ini merupakan bagian dari komitmen Hyundai berkolaborasi dengan Pemerintah Indonesia dalam mempercepat ekosistem mobil listrik di Indonesia.

“Kami juga senang karena selain inisiatif dari Pemprov Jabar, kami juga telah menyaksikan komitmen lain dari Kementerian Perhubungan yang sudah dan akan memanfaatkan mobil listrik murni sebagai mobil operasionalnya di tahun 2021,” tambah SungJong Ha.

IONIQ Electric dan KONA Electric adalah yang pertama di segmennya dengan pengoperasian penuh menggunakan baterai. KONA Electric juga telah melampaui angka 100 ribu penjualan global, lebih dari dua tahun sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 2018. (*/Raden/marketeers)