Sabtu, 13 Juli 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Pemprov Banten Sabet Tiga Penghargaan dalam Tata Kelola Anggaran

and

| 10 Februari 2023

| 23:42 WIB

Pj Gubernur Banten
Penjabat Gubernur Banten, Al Muktabar saat memamerkan salah satu piagam penghargaan, Jumat (8/2/2023). (FOTO: DOK. BIRO ADPIM).

EKBISBANTEN.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten berhasil menyabet penghargaan atas Kinerja Pengelolaan Dana Insentif Daerah (DID), Pengelolaan Anggaran dengan Kapasitas Fiskal Tertinggi dan Pengelolaan Dana Alokasi Khusus Fisik.

Ketiga Penghargaan itu berdasarkan tahun anggaran 2022 serta diberikan oleh Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Banten.

Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar mengatakan, pihaknya berkomitmen dalam meningkatkan pengelolaan keuangan sesuai aturan yang berlaku.

“Tadi kita mendapatkan penghargaan, itu pencapaian kita dalam rangka pengelolaan dana dekonsentrasi dan tugas pembantuan. Jadi kita dipandang oleh lembaga yang membidanginya dalam hal ini Kementerian Keuangan, kita diberi penghargaan atas itu,” katanya saat ditemui di Pendopo Gubernur, Rabu (8/2/2023).

Mengenai Alokasi Dana Insentif Daerah (DID), Al Muktabar menyampaikan bahwa Pemprov telah mendapatkan tiga tahap DID, salah satunya DID yang diberikan Kementerian karena berhasil mengendalikan inflasi.

“Dana Insentif Daerah itu yang sebagian besar kita belanjakan beras sebagai cadangan jika terjadi kesulitan pangan dan itu juga dalam skema perlindungan sosial. Serta dalam Dana Alokasi Khusus Fisik juga kita mendapatkan pengakuan,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Banten Rina Dewiyanti mengungkapkan pihaknya terus berupaya melakukan pengelolaan keuangan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Pengelolaan mulai proses perencanaan, penganggaran, penatausahaan, pertanggungjawabannya dan pelaporannya kita lakukan dengan tertib,” jelasnya.

Dikatakan Rina, ke depan pihak Pemprov akan bekerja lebih baik, efektif, efisien dan akuntabel sebagaimana prinsip-prinsip dalam tata kelola anggaran.

Diketahui, Pemprov Banten pada Tahun 2022 mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID) sebesar Rp46,27 miliar terdiri dari 3 tahapan pada pagu anggaran, yakni pada tahap satu Rp15, 48 miliar, tahap dua Rp19,31 miliar dan tahap ketiga Rp11,47 miliar.***

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top