Pemprov Banten Bersama Bank BJB Luncurkan Aplikasi Mobile Sambat

122
Foto: Gambar Layar

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten bersama Bank Jabar dan Banten (BJB) meluncurkan aplikasi Modern Payment Chanel Samsat Banten Hebat (Sambat) guna mengoptimalkan pendapatan pajak kendaraan bermotor (PKB).

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Banten Opar Sohari mengatakan, dengan adanya layanan ini akan memudahkan pembayaran pajak bagi masyarakat sehingga tidak perlu datang ke kantor samsat.

“Ini merupakan upaya pemerintah menghadapi tantangan digital dan inovasi program pemerintah, dengan adanya layanan ini transparansi dana pajak kendaraan juga bisa terpantau dengan jelas,” kata Opar dalam webinar Launching Modern Payment Chanel Samsat Banten Hebat (Sambat), Senin (14/12).

Selain didukung Bank BJB layanan aplikasi ini juga disupport penuh oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Banten, Jasa Raharja Cabang Banten, serta Direktur Lalu Lintas Polda Banten.

CEO Regional IV Bank BJB Edy Kurniawan Saputra mengatakan, masyarakat harus memanfaatakan perkembangan teknologi saat ini. Ada 6 layanan chanel pembayaran yang bisa masyarakat akses untuk membayar PKB diantaranya gerai Alfamart, Indomart, linkAja, GoPay, Bukalapak, dan kantor samsat di daerah masing-masing.

“Jadi tidak ada alasan untuk tidak membayar pajak, saat ini bank BJB membuka layanan di 12 Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) samsat Banten, dan 44 gerai layanan di seluruh wilayah Banten,” jelas Edy.

Dikatakan Edy, pihaknya juga akan terus mendukung layanan bagi seluruh program pemerintah Provinsi Banten melalui pengembangan aplikasi Sambat.

“Kami akan terus mengembangkan aplikasi Sambat menjadi layanan pembayaran pajak online bagi masyaraka seperti, tabungan pajak (Tapak Banten) dan jemput pajak online (Jempol),” imbuh Edy.

Senada dengan Edy, Asisten Direktur KPw BI Banten Sugeng Siswanto menuturkan, program ini sudah senada dengan visi BI Banten guna mendigitalisasi layanan transaksi keuangan dan ekonomi di Banten.

“Semoga Bank BJB bisa menggaet lebih banyak lagi chanel pembayaran sehingga memudahkan masyarakat bayar pajak,” pungkas Sugeng.

Untuk diketahui, launching Aplikasi Mobile Sambat diresmikan langsung oleh Gubernur Banten Wahidin Halim secara virtual. (Raden)