Pemkot Klaim Kualitas Udara di Kota Serang dalam Kondisi Baik, Ini Indikatornya

Salah satu ruas jalan protokol di Kota Serang
Salah satu ruas jalan protokol di Kota Serang. (FOTO: ESIH/EKBISBANTEN.COM).

KOTA SERANG, EKBISBANTEN.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Serang mengklaim kualitas udara di wilayah Kota Serang dalam kondisi baik.

Selain itu, tingkat pencemaran udara di wilayah yang menjadi Ibu Kota Provinsi Banten tersebut masih di bawah batas standar.

Hal ini dibuktikan dengan tujuh indikator partikel yang angkanya masih di bawah rata-rata, seperti lapisan ozon, karbondioksida, hingga sulfur dioksida.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Serang Farach Richi mengatakan, pihaknya menempatkan sejumlah alat pantau udara di beberapa titik di Kota Serang yang dinilai berpotensi terdapat pencemaran udara atau polusi, karena kepadatan lalu lintas serta penduduk.

Di antaranya, di Ciceri Kota Serang yang masuk ke wilayah Kecamatan Serang dan merupakan pusat kota.

“Kemudian, di alun-alun Kota Serang dan Karangantu, Kecamatan Kasemen. Titik-titik tersebut kami pantau melalui alat itu tadi, mulai dari tengah kota hingga pinggiran kota. Dari semuanya itu, hasilnya menunjukkan jika kualitas udara di Kota Serang masih dalam kondisi baik,” katanya

Hasil tersebut, dikatakannya berdasarkan indikator yang ada pada alat tersebut, khususnya partikel-partikel yang tidak kasat mata. Seperti, partikel mikro (PM) 2,5 milimeter, kemudian karbondioksida, ozon, hingga sulfur dioksida.

“Yang menjadi catatan kami itu, partikel mikro atau PM 25 dan PM 10. Jadi, masih di bawah standar semuanya. Mulai dari ozonnya pun masih dalam batas baik, termasuk sulfur dioksida,” ujarnya.

Menurut Farach, alasan udara di wilayah Kota Serang masih dalam kondisi baik dan tingkat pencemaran yang rendah, karena kepadatan kendaraan masih dalam batas wajar.

Kemudian, meski berada di tengah, Kota Serang bukan merupakan kawasan industri yang menghasilkan limbah di udara.

“Indeks pencemaran udara di Kota Serang masih dalam tingkat yang baik. Kalau Kabupaten Serang itu kan daerah industri,” ungkapnya.

Editor :Rizal Fauzi

Tags

Bagikan Artikel

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Scroll to Top