Pemkot Cilegon Akan Gelar Cilegon Night Market Tahun Depan

33
Pemkot Cilegon
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cilegon Maman Mauludin saat diwawancara usai rapat pendahuluan persiapan kegiatan Cilegon Night Market di Ruang Rapat Walikota, Rabu (15/12/2021). (Foto: Maulana/Ekbisbanten.com)

CILEGON, EKBISBANTEN.COM – Pemerintah Kota Cilegon berencana akan mengadakan ‘Cilegon Night Market’ atau pasar malam Cilegon. Wisata kuliner ala Jalan Malioboro di Yogyakarta tersebut rencananya akan di gelar di sepanjang jalan tugu Land Mark sampai di depan Makodim 0623 Cilegon.

“Jadi ini baru kita koordinasi antar OPD dan juga unsur Forkopimda. Artinya, ada rencana keinginan kita untuk membuka Cilegon Night Market yang dilaksanakan di depan kita,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cilegon Maman Mauludin kepada wartawan usai rapat pendahuluan persiapan kegiatan Cilegon Night Market di Ruang Rapat Walikota, Rabu (15/12/2021).

Maman menyampaikan, nantinya kegiatan Cilegon Night Market tersebut akan mengutamakan para pelaku UMKM di Kota Cilegon. Cilegon Night Market juga rencananya akan dikelola oleh pihak ketiga yang akan menyediakan segala kebutuhannya, termasuk tenda-tenda untuk para pedagang.

“Pihak ketiganya saya kira yang profesional nanti, kalau ada peminat, ini kan baru rencana nih, kita seperti mensosialisasikan tentu dengan semuanya dikelola oleh dia, baik keamanan, kebersihan semuanya. Kita unsur OPD memonitor saja sesuai tugas dan kewenangannya daripada pelaksanaan itu semua kita serahkan ke masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut, Maman menuturkan ada usulan dari sejumlah pihak yang turut hadir dalam rapat tersebut untuk kegiatan Cilegon Night Market. Nama tersebut disarankan memiliki nilai kearifan lokal.

“Nah, tadi ada juga masukan dari audience untuk kearifan lokal supaya menggunakan nama ke-Cilegonan. Itu nanti di penentu kebijakan, dalam hal ini Pak Walikota. Kita hanya membantu merumuskan untuk memberikan kebijakan dan melaksanakan itu,” ucapnya.

Kendati masih dalam tahap perencanaan dan pembahasan, Maman memberikan sedikit bocoran terkait pelaksanaan kegiatan Cilegon Night Mart tersebut.

“Saya kira di akhir tahun terlalu cepat, InsyaAllah di 2022 kalau semuanya sudah lancar, sudah siap kita akan lakukan itu.
Dicoba dulu malam Sabtu dan minggu jam 18.00 WIB sampai 23.30 WIB,” ungkapnya.***