Pemerintah Siap Lakukan Penyertaan Modal untuk Jadikan BSI Bank BUMN

14
Ma'ruf Amin
(Foto: Dok. Setwapres).

EKBISBANTEN.COM – Negara akan melakukan penyertaan modal kepada PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) untuk menjadikan bank syariah terbesar di Indonesia tersebut sebagai bank BUMN.

Hal itu perlu dilakukan untuk memperkuat BSI sebagai bank hasil merger tiga bank syariah anak usaha Bank Mandiri (BMRI), BNI (BBNI), dan BRI (BBRI).

Demikian dikatakan Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin melalui akun Twitter pribadi miliknya @Kiyai_MarufAmin, Jumat (25/2/2022).

“Secara strategi bisnis, opsi ini harus menguntungkan perusahaan dan membawa maslahat bagi negara dan masyarakat,” katanya.

Lebih lanjut, Ma’ruf mengungkapkan bahwa untuk menumbuhkan BSI, memang diperlukan kepemilikan negara secara langsung.

“Negara nanti memiliki hak-hak istimewa untuk menyetujui perubahan anggaran dasar, mengangkat dan memperhatikan dewan pengurus (direksi), dan juga memantau perkembangannya lebih lanjut,” tambahnya.

Ia pun berpesan agar penyertaan modal negara ke BSI diproses sesuai ketentuan yang berlaku dengan pengawasan yang dilakukan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

“Saya juga mengingatkan agar upaya penyertaan modal negara tersebut tidak mengganggu permodalan dan merugikan posisi Pemegang Saham Pengendali (PSP) BSI, mengingat 3 (tiga) bank PSP ini merupakan perusahaan publik,” tandasnya.***