Peluang Usaha untuk Mahasiswa yang Sedang Skripsian

149


SERANG, EKBISBANTEN.COM – Mencari peluang usaha menjadi langkah awal yang harus diakukan, untuk mendapatkan ide bisnis yang menjanjikan. Tidak perlu jauh-jauh, karena peluang bisnis ini dapat dilihat di sekitar, mengenai apa yang dibutuhkan sekitar. Untuk seorang mahasiswa, maka bisnis yang tepat adalah bisnis yang berkaitan dengan kebutuhan mahasiswa, salah satunya menyediakan alat tulis.

Namun sepertinya sudah banyak pelaku bisnis di bidang ini, sehingga harus lebih inovatif dalam mencari usaha yang cocok. Misalnya saja bagi mahasiswa akhir, pasti mengalamu benerapa kesulitan selama mengerjakan skripsi. Kesulitan inilah yang bisa menjadi ide bisnis yang menjanjikan dan peluang usaha pun akan tercipta dengan sendirinya. 

Dari kesulitan yang pernah dialami, cobalah untuk membuat usaha yang bisa menyelesaikan kesulitan tersebut. Misalnya saja, jika ketika diri sendiri mengalami kesulitan dalam menemukan jurnal yang diinginkan, maka jasa pencari jurnal bisa menjadi usaha yang tepat. Selain ide bisnis tersebut, masih banyak ide lain yang memiliki peluang usaha yang bagus untuk dijadikan bisnis.

Menjadi Konsultan Skripsi

Dalam pembuatan skripsi, tentu banyak hal yang harus diperhatikan hingga terkadang membuat kita harus revisi beberapa kali. Sebelum berkonsultasi dengan dosen, ada baiknya mahasiswa memastikan terlebih dahulu bahwa pekerjaannya sudah dilakukan dengan baik sehingga dosen akan langsung menyetujuinya. Oleh karena itu, mereka membutuhkan konsultan skripsi yang sudah berpengalaman di bidang ini. 

Anda bisa menjadi konsultan skripsi untuk adik tingkat, sehingga Anda pun sudah menguasai bidang tersebut dan mengetahui bagaimana karakteristik setiap dosen. Hal ini akan sangat membantu karena setiap dosen memiliki standar pekerjaan yang berbeda-beda. Peluang usaha ini akan sangat menjanjikan karena pada masa skripsi akan ada banyak orang yang membutuhkan Anda. 

Membuka Usaha Pengolahan Data

Salah satu langkah yang harus dilakukan dalam mengerjakan skripsi adalah pengolahan data. Sebelum Anda membuka usaha untuk pengolahan data, Anda harus memahami terlebih dahulu apa itu pengolahan data dan setiap jenisnya, karena skripsi kualitatif pasti memiliki teknik pengolahan data yang berbeda dengan skripsi kuantitatif. Oleh karena itu, pemahaman Anda harus didalami terlebih dahulu sebelum mengambil peluang usaha ini. 

Jika Anda sudah menguasainya dan terbiasa dengan pengolahan data tersebut, maka Anda bisa menawarkan jasa ini pada mahasiswa yang sedang skripsian karena peluang usaha ini sangat menjanjikan. Pengolahan data menjadi bagian yang paling rumit, karena Anda harus memasukkan semua jawaban dari kuesioner dan memberikan skor. Terkadang harus menggunakan software khusus untuk mengolah data tersebut.

Jasa Pencarian Jurnal

Mahasiswa dituntut untuk menunjukkan data dan fakta dalam pembuatan skripsi, bukan argumentasi semata. Salah satu sumber data dan fakta bisa didapatkan dari jurnal yang bisa kita temukan di internet. Pencarian jurnal ini bisa dibilang gampang-gampang susah karena selain mudah dijumpai, tapi tidak semua jurnal yang ditemukan sesuai dengan kebutuhan skripsi.

Apalagi dengan jurnal di Indonesia yang terbatas, sehingga Anda harus mencari jurnal internasional yang terkadang dibutuhkan teknik khusus untuk bisa mendapatkan jurnal tersebut. Berbekal pengalaman, Anda mungkin bisa menemukan jurnal dengan lebih mudah. Mahasiswa terkadang merasa kesulitan dalam menemukan jurnal yang diinginkan, sehingga Anda bisa mengambil peluang usaha ini untuk menjadi pekerjaan sampingan.

Usaha Jasa Penerjemah

Dalam pembuatan skripsi, pasti ada bagian abstrak yang biasanya ditulis dalam bahasa Inggris. Karena tidak semua mahasiswa menguasai bahasa Inggris, menggunakan jasa penerjemah pun diperbolehkan agar tidak ada kesalahan dalam abstrak skripsi. Selain itu, jasa penerjemah juga dibutuhkan ketika Anda harus memahami jurnal internasional atau referensi berbahasa Inggris lainnya. 

Peluang usaha ini terbuka sangat lebar, terutama bagi Anda yang memiliki kemampuan berbahasa Inggris. Selain abstrak dan jurnal, terkadang Anda dibutuhkan untuk menerjemahkan suatu skala agar bisa digunakan oleh mahasiswa dalam penelitiannya. Namun, terkadang ada ketentuan yang mengharuskan Anda sebagai lulusan sastra bahasa Inggris, agar hasil terjemahannya dapat dipertanggungjawabkan.

Jasa Penyebar Angket

Beberapa skripsi menggunakan instrumen berupa angket atau kuesioner yang harus disebarkan pada responden atau subjek penelitian, misalnya siswa SMA, mahasiswa, warga di suatu desa, karyawan perusahaan dan lain sebagainya sesuai dengan penelitian yang dilakukan. Jumlah subjek yang dibutuhkan setiap penelitian pun berbeda-beda, tapi biasanya semakin banyak semakin bagus agar lebih representatif. 

Namun, hal ini tentunya tidak mudah bagi mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi karena mereka juga harus mengurus hal lainnya. Oleh karena itu, Anda bisa mengambil peluang usaha ini untuk menjadi penyebar angket. Pekerjaan ini sangatlah mudah untuk dilakukan, karena Anda tinggal menyebar angket sambil memastikan bahwa angket tersebut sudah diisi secara lengkap.


Jasa Print atau Cetak Skripsi

Peluang usaha lainnya yang tidak kalah menguntungkan adalah membuka jasa print. Apabila Anda memiliki print dan berbagai perlengkapan cetak lainnya, maka Anda bisa memanfaatkan hal tersebut untuk membuka bisnis. Untuk hasil akhir skripsi, biasanya mahasiswa akan menggunakan print biasa atau dengan tinta yang tebal, sehingga Anda bisa menawarkan diri untuk mencetak skripsi tersebut. 

Apabila Anda ingin lebih fokus pada bisnis ini, maka Anda harus melengkapi keperluan print tersebut. Dengan begitu, hasil cetak jadi lebih berkualitas dan banyak orang yang akhirnya mempercayakan cetak skripsi pada Anda. Beberapa hal yang harus disiapkan antara lain mesin print, tinta, kertas dengan berbagai ukuran, lakban, staples dan lain sebagainya. 

Menjadi seorang mahasiswa, bukan berarti Anda tidak bisa mandiri secara finansial. Banyak ide bisnis yang bisa Anda jalankan sesuai dengan kemampuan Anda saat ini, misalnya bisnis tentang mahasiswa akhir yang sedang skripsian. Jika Anda bisa melihat kebutuhan lingkungan sekitar, maka Anda bisa menemukan peluang usaha yang menjanjikan. 


Sumber : Modalrakyat.id