PeduliLindungi Hadir di Dompet Digital DANA

17
Fitur Pedulilindungi hadir di dompet digital DANA, Senin (25/10/2021) (Foto: Istimewa).

JAKARTA, EKBISBANTEN.COM – Seiring dengan distribusi vaksin yang terus meluas dan melandainya jumlah kasus COVID-19, pelacakan digital menjadi sebuah kewajiban yang patut dipatuhi untuk menghentikan penyebaran virus COVID-19.

Menindaklanjuti agenda Kementerian Kesehatan dalam mengintegrasikan QR Code PeduliLindungi dengan beragam aplikasi, DANA kini telah menghadirkan fitur PeduliLindungi dalam dompet digitalnya.

CEO dan Co Founder Dana Vince Iswara mengatakan, pihaknya menyambut positif inisiatif Kemenkes RI terkait keberadaan fitur Pedulilindungi di aplikasi DANA guna membantu menekan laju pandemi Covid-19.

“Langkah ini kami rasakan mampu bermanfaat banyak untuk mendorong masyarakat khususnya lebih dari 85 juta pengguna DANA agar tidak lagi ragu untuk melakukan pencatatan digital lewat PeduliLindungi yang sudah tersedia di dompet digital DANA,” katanya dalam keterangan tertulis, Senin (25/10/2021).

Lebih lanjut, dikatakan Vince, dengan dibekali kapabilitas teknologi superior yang dimiliki DANA, integrasi dengan aplikasi PeduliLindungi tetap menjamin keamanan data dan transaksi pengguna.

“Sesuai komitmennya, DANA selalu meningkatkan sistem keamanan yang dimiliki lewat berbagi strategi, termasuk menerapkan zero data sharing policy, memiliki sistem mitigasi risiko yang mumpuni lewat teknologi risk engine, hingga menggunakan DANA VIZ (Visual Identity AuthoriZation) yang dapat memverifikasi pengguna lewat teknologi biometrik,” tambahnya.

Vince menuturkan, fitur PeduliLindungi dapat dimanfaatkan pengguna dengan mengakses kategori ‘Daily’ yang terdapat di dalam aplikasi DANA yang serupa dengan aplikasi PeduliLindungi itu sendiri,

“Dalam fitur ini, pengguna dapat langsung memindai QR Code PeduliLindungi yang tersedia di berbagai lokasi yang dituju,” tuturnya.

Selain itu, lanjut Vince partisipasi aktif DANA juga dapat mendorong roda perekonomian hingga mendukung percepatan program vaksinasi nasional untuk memulihkan ekonomi nasional senantiasa dilakukan dalam setahun terakhir.

“Aksi cepat tanggap ini meliputi pemberian pendampingan dan pelatihan digitalisasi berkelanjutan bagi pelaku UMKM, pengumpulan donasi baik bagi tenaga kesehatan maupun pelaku usaha terdampak pandemi, hingga menyelenggarakan vaksinasi untuk masyarakat di sekitar Malioboro, Yogyakarta,” tutupnya.

Keterlibatan DANA dalam integrasi aplikasi PeduliLindungi juga mendapat dukungan dari Setiaji, Chief Digital Transformation Officer Kementerian Kesehatan.

Menurutnya, kolaborasi dengan mitra aplikasi seperti DANA merupakan upaya untuk memperluas cakupan QR Code Peduli Lindungi dan membangun infrastruktur kesehatan yang lebih baik di masa yang akan datang.

“Selama masa pandemi, masyarakat tampak makin familiar dan dekat dengan penggunaan aplikasi digital termasuk dompet digital DANA. Integrasi yang kami lakukan dengan DANA diharapkan mampu memberi kemudahan bagi masyarakat yang sudah lebih dulu akrab dalam memanfaatkan dompet digitalnya untuk beragam kebutuhan dan mengoptimalkan fungsi PeduliLindungi. Kami percaya adanya sinergi dan kolaborasi dengan industri digital dapat berimbas positif bagi pemulihan bangsa ini,” papar Setiaji.**