PDAM Cilegon Mempermudah Akses Pembayaran Pelanggan

57

Hujjatul Maryam
Mahasiswa Magister Administrasi Publik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Teknologi Informasi (TI) adalah salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan suatu organisasi. Sebab sistem teknologi informasi akan terus berkembang pesat. Untuk itu sebuah organisasi perlu melakukan perencanaan strategis dalam pemanfaatan teknologi informasi.

Menurut Tridoyo (2017) sebuah organisasi membutuhkan tata kelola TI (Information Technology Governance) pada era modern ini menuntut manusia untuk sadar tentang teknologi. Pasalnya dengan adanya teknologi infromasi akan lebih memudahkan manusia untuk mengakses berbagai infromasi secara mudah dan praktis.

Hal senada diungapkan Goodhue (1995),
teknologi informasi merupakan alat bantu dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi manusia. Kemudian pemanfaatan teknologi informasi juga dapat memberikan implikasi kinerja yang lebih baik.

Peran teknologi informasi dan komunikasi pada pemerintahan menurut (Sodiq, 2014) merupakan penggunaan internet yang mana internet dapat mempunyai kemampuan dalam menghubungkan keperluan penduduk, bisinis dan kegiatan lainnya.

Selain itu juga merupaka suatu proses transaksi bisnis antara publik dengan pemerintah melalui sistem otomasi dan jaringan internet yang lebih dikenal dengan world wide web. Pada intinya penggunaan teknologi informasi dapat meningkatkan hubungan pemerintah dengan pihak lain.

Pada masa pandemi Covid-19 ini teknologi informasi sangat dibutuhkan untuk mempermudah akses masyarakat tanpa harus bertatap muka. Terutama penggunaaan teknologi informasi dalam transaksi pembayaran tagihan Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Cilegon Mandiri.

PDAM Cilegon Mandiri pada saat pandemi Covid-19 sudah menggunakan teknologi informasi yang sangat baik dengan tersedianya call center yang tertera pada website http://www.pdamcilegon.co.id yang dengan mudah dihubungi pada jam operasional dan dengan adanya beberapa mitra seperti PT. Pos Indonesia/loket/agen/kantor pos di seluruh Indonesia, Bank Bjb (Teller atau ATM), Indomaret, aplikasi E-commerce Bukalapak, Dana, Shoppe
dan Blibli.com.

Untuk catatan pembayaran pada mitra tersebut berlaku bagi pelanggan tanpa tunggakan.

Dengan adanya beberapa mitra yang bekerja sama dengan PDAM Cilegon Mandiri memudahkan masyarakat untuk mengurangi transaksi secara tatap muka pada masa pandemi Covid-19.

Rekomendasi dari penulis seharusnya pelanggan yang memiliki tunggakan juga bisa melakukan trasaksi tagihan menggunakan mitra-mitra yang ada. Sehingga memudahkan masyarakat dalam memanfaat teknologi informasi pada masa pandemic covid-19 ini dan mengurangi transasksi tatap muka.