PATA Indonesia Adventure Travel Mart 2020 Diharapkan Dapat Dongkrak Kunjungan Wisata Petualangan

100
Foto/Raden/Ekbisbanten.com

PANDEGLANG, EKBISBANTEN.COM – Pacific Asia Travel Association (PATA) Chapter Indonesia bersama RajaMICE resmi melaunching kegiatan PATA Indonesia Adventure Travel Mart 2020 (PIATM) 2020 sebagai upaya mendongkrak kunjungan wisata petualangan khususnya dialam terbuka di Era New Normal.

Presiden PATA Chapter Indonesia Poernomo Siswoprasetijo mengatakan, sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia, muncul tren wisata petualangan khususnya dialam terbuka yang tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Dampaknya lewat pariwisata petualangan ini akan meningkatkan pendapatan masyarakat lokal sebesar 70 persen dari aktivitas wisata yang dilaksanakan,” kata Poernomo dalam kegiatan launcing PIATM di Tanjung Lesung Beach Hotel, Kamis-Jumat (12-13/11).

Poernomo juga menuturkan, Indonesia mempunyai potensi pariwisata alam yang besar di setiap daerah seperti wisata selam, wisata udara paramotor, trail run, sailing dan yang wisata jelajah Taman Nasional Ujung Kulon.

“Saat ini diutamakan wisatawan domestik. Jadi, kami mendukung upaya Kemenparekraf yang tengah mengajak wisatawan nusantara untuk jangan ragu traveling di dalam negeri selama era new normal,” paparnya.

Ketua PB Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Amalia Yunita mengatakan, wisata arung jeram mayoritas berada di lingkungan yang masuk dalam zona hijau Covid 19. Sehingga diharapkan wisata ini dapat kembali tumbuh dengan adanya protokol CHSE dengan label I do Care.

“PB FAJI sangat mendukung adanya PATA Adventure Travel Mart 2020 sebagai salah satu inisiatif untuk kembali menggerakkan pariwisata, khususnya wisata petualangan yang salama dekade terakhir meningkat pesat,” jelasnya.

PATA Indonesia Adventure Travel Mart 2020 (PIATM) 2020 didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Keratif serta Pemerintah Kabupaten Dairi dan Sumatera Utara sebagai partner destinasi serta assosiasi pariwisata seperti GIPI, PHRI, IHGMA, ASTINDO, ASITA, MASATA, CMSI, GAHAWISRI, IAATA, FAJI, PUWSI, APGI, dan PUWSI.

Sementara itu, CEO RajaMICE yang Juga Ketua Umum Masyarakat Sadar Wisata (MASATA) Panca R Sarungu mengharapkan, PIATM 2020 pertama ini diharapkan dapat menjadi menjadi ajang bagi para pengusaha dan UMKM terkait wisata luar ruang dengan para pembeli dalam dan luar negeri untuk melakukan pertemuan bisnis diharapkan dapat terjadi transaksi-transaksi yang akan dapat menggerakan roda ekonomi khususnya didaerah.

“Event ini menarik sehingga diikuti 75 buyer dan 90 seller, sebagian buyer berasal dari manca Negara. Diharapkan PIATM 2020 selama 2 hari ini menghasilkan hingga 2000 pertemuan virtual melalui plaform digital yang kami siapkan,” jelas Panca. (Raden)