Selasa, 21 Mei 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Pastikan Sinyal Lancar, XL Axiata Perkuat Jaringan di Tiga Jalur Utama Penyeberangan

Esih Yuliasari

| 7 April 2024

| 21:00 WIB

XL Axiata
FOTO: DOK. XL AXIATA.

EKBISBANTEN.COM – PT XL Axiata Tbk memastikan kesiapan jaringannya guna melayani dan memudahkan arus mudik Lebaran tahun ini di semua lokasi yang akan dijangkau oleh masyarakat, termasuk jalur transportasi darat dan laut.

Khusus untuk transportasi laut, XL Axiata bahkan telah melakukan penguatan jaringan #jadilebihbaik di tiga jalur penyeberangan ramai, yaitu Merak-Bakauheni, Ketapang-Gilimanuk, dan Padang Bai-Lembar.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, untuk keperluan ini, XL Axiata menambahkan kapasitas baru, upgrade teknologi dan newsite.

“Jadi selama berada di kapal penyeberangan, pelanggan XL Axiata akan bisa mendapatkan sinyal 4G yang kuat sehingga bisa dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas akses data,” katanya.

“Semoga fasilitas yang kami kami sediakan ini bisa mendukung penyediaan layanan telekomunikasi dan data yang berkualitas bagi para pemudik, juga tentunya dalam jangka panjang mampu mendukung program-program pemerataan akses internet cepat hingga ke area terpencil, terutama juga support untuk pariwisata,” sambung Gede.

Ia menambahkan, secara teknis, dengan adanya penguatan jaringan yang mampu menjangkau area jalur penyeberangan laut ini, sinyal 4G bisa meningkat secara signifikan sehingga kenyamanan masyarakat dan pelanggan dalam menggunakan berbagai layanan data selama melakukan perjalanan diatas kapan ferry akan semakin nyaman termasuk melakukan streaming video, mengakses gaming, aktifitas browsing dan sebagainya. Saat di laut, akses internet bisa menjangkau hingga 95 Mbps.

Sebelum ada penguatan, pelanggan cenderung mengalami kesulitan akses internet saat kapal sudah di tengah laut karena semakin jauh dari BTS yang melayani. Selain kecepatan, fasilitas ini juga memungkinkan layanan bagi penumpang dalam jumlah yang lebih besar.

Sepanjang tahun, jutaan penumpang menyeberangi masing-masing dari ketiga jalur penyeberangan yang ramai tersebut. Merak-Bakauheni sepanjang 16 mil laut dengan waktu tempuh sekitar 2 jam yang menghubungkan Jawa dengan Sumatera, serta Ketapang-Gilimanuk sejauh sekitar 3 mil laut dengan waktu tempuh sekira 1 jam yang menghubungkan Jawa dengan Bali. Sementara itu, jalur Padang Bai-Lembar sejauh 38 mil laut dengan waktu tempuh sekira 4,5 jam menghubungkan Bali dengan Lombok.

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Scroll to Top