Pasca Berakhirnya PPKM, Ditjen Imigrasi Buka Permohonan Paspor untuk Satu Bulan ke Depan

23
Paspor
(Foto: Ist).

EKBISBANTEN.COM – Direktorat Jenderal (Dirjen) Imigrasi menerbitkan kebijakan baru mengenai m-Paspor.

Jika sebelumnya kuota permohonan paspor dibuka setiap hari Jumat pukul 14.00 WIB untuk rentang waktu satu minggu ke depan, kini kuota permohonan paspor dibuka untuk satu bulan ke depan setiap kali pembaruan.

Hal itu diungkapkan oleh Subkoordinator Humas Ditjen Imigrasi, Achmad Nur Saleh dalam rilis resmi yang diterima redaksi ekbisbanten.com, Selasa (22/2/2022).

“Pengaturan kuota M-Paspor dilakukan pada setiap hari kerja di akhir bulan pukul 09.00 WIB,” katanya.

BACA JUGA:Permudah Warga Buat Paspor, Imigrasi Cilegon Sediakan Layanan Jemput Bola

Dijelaskan Achmad, hal tersebut merupakan salah satu solusi menyusul jumlah permohonan paspor yang kembali meningkat pasca berakhirnya Pemberlakuan Pembatasan Masyarakat (PPKM) Level 3 dan 4 di berbagai kota di Indonesia.

“Setelah PPKM permohonan paspor yang meningkat tak jarang menguras ketersediaan kuota di banyak kantor imigrasi. Bahkan, tidak semua pemohon yang mendaftar di waktu pembaruan kuota bisa mendapatkannya,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ia menuturkan pembukaan kuota M-Paspor juga akan memerhatikan Hari Libur Nasional peak season.

Sehingga diharapkan kantor imigrasi dapat menyesuaikan jumlah kuota M-Paspor yang dibuka saat mendekati masa-masa tertentu, di mana tingkat mobilitas WNI ke luar negeri umumnya lebih tinggi,” pungkasnya.***