Omset Penjualan Produk UMKM KKB 2021 Mencapai Rp1,25 Miliar

14

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Penjualan produk Usaha Kecil Menengah Mikro (UMKM) Banten pada pameran Karya Kreatif Banten (KKB) 2021 mencapai Rp1,25 miliar.

“Omzet penjualan KKB 2021 secara online dalam 10 hari pertama sejak 11 Oktober mampu mencapai Rp1,25 milyar yang berarti naik lebih dari 100 persen dibandingkan KKB tahun 2020,” kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Erwin Soeriadimadja pada kegiatan Interactive TalkShow mengenai Akses Pembiayaan Dan Pasar Untuk UMKM, Kamis (21/10).

Kata dia, hal itu menunjukkan semangat dan perkembangan yang luar biasa UMKM Bantten dalam kurun waktu dua tahun terakhir. Ia juga mengajak seluruh pihak terus besinergi dalam memajukan UMKM Banten untuk mengungkit ekonomi Banten lebih cepat dan mencipatakan lapangan pekerjaan serta kesejahteraan.

 Ia juga bersukur dan berterimakasih kepada berbagai pihak atas capaian ini didukung dengan berbagai platform e-commerce, sarana pembayaran digital.

Kata dia, penggunaan QRIS memberikan kemudahan masyarakat, disamping daya tarik produk UMKM yang semakin menarik hati masyarakat untuk bangga dan beli produk Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, KPw BI Provinsi Banten juga memberikan aprestasi kepada para UMKM yang meraih prestasi terbaik dalam penjualan, stand, wirausaha muda, onboarding UMKM dalam kegiatan KKB maupun lingkup nasional yaitu Karya Kreatif Indonesia dan Festival Ekonomi Syariah 2021.

Sementara itu, terkait akses keuangan, Direktur Bisnis Kecil dan Menengah PT. Ban k Rakyat Indonesia aman, Sukriyanto, memberikan motivasi bagi para UMKM bahwa masalah pembiayaan bagi UMKM terbuka luas namun yang lebih penting adalah perbaikan kualitas UM KM untuk to Modern, Go Digital, to Online dan to Global.

Kepala Perwakilan BI Provinsi Banten menilai peluang pembiayaan UMKM masih terbuka lebar mengingat porsi pembiayaan UMKM di Banten baru mencapai 13,5 persen, dan perlu menjangkau lebih luas berbagi keunggulan UMKM di Kabupaten/Kota.

Sementara itu Plt. Sekretaris Daerah Provinsi Banten, Dr. Muhtarom mengapresiasi sinergi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Banten dan Pemerintah Provinsi Banten dalam menyelenggarakan kegiatan KKB 2021 terutama berkaitan dengan upaya untuk fasilitasi UMKM Banten naik kelas dan memperluas akses pemasaran, tidak hanya domestik tapi juga global serta membuka peluang akses pembiayaan bagi UMKM.

Kadis Koperasi dan UMKM Provinsi Banten, Agus Mintono yang juga turut hadir offline menyampaian bahwa kegiatan pengembangan UMKM sejalan dengan program kerja Dinas Koperasi dan UMKM dan berharap menjadi agenda rutin agar UMKM Banten menjadi motor penggerak perekonomian dan kesejahteraan Provinsi Banten.

Kegiatan talkshow yang membuka wawasan para UMKM ini juga didukung oleh Hanifah Makarim, Direktur Akses Pembiayaan UMKM dari Kemenparekrat, lra Damayanti, Ketua Umum Indonesia Diaspora SME Export Empowerment & Development (ID SEED), Gustian Mahardika, Experf in Access to Financing and Export Procedures at Free Trade Agreement (FTA) Center, Kementerian Perdagangan dan dari BJB dan Bank Banten. **