Musim Hujan di Pandeglang Sebabkan Harga Cabai Rawit Orange Naik Rp80 Ribu Perkilo

20
Pedagang sayuran di Pasar Pandeglang. Foto/Raden/ekbisbanten.com

PANDEGLANG, EKBISBANTEN.COM – Curah hujan yang tinggi di Kabupaten Pandeglang menyebabkan komoditas cabai rawit orange di Pasar Badak Pandeglang megalami kenaikan hingga Rp80 ribu per kilogram dari harga sebelumya Rp40 ribu per kilogram.

Pedagang di Pasar Pandeglang Iwan mengatakan, kenaikan komoditas cabai rawit orange di Pandeglang sudah selama tiga hari terakhir. Hal ini disesbabkan musim hujan yang menyebabkan suplai cabai dari petani mengalami penurunan.

“Bukan karena menjelang Ramadhan juga, mungkin karena musim hujan ini, jadi cabai naik harganya,” kata Iwan kepada ekbisbanten.com, Senin (7/3).

Selain cabai rawit merah, kenaikan serentak juga terjadi pada komoditas cabai lainya, seperti cabai merah keriting yang naik dari harga Rp35 ribu menjadi Rp60 ribu per kilogram, cabai rawit hijau dari harga Rp24 ribu menjadi Rp40 ribu per kilogram.

“Banyak juga dari pembeli yang komplain, cuma mau bagaimana harga dari bandar nya juga mengalami kenaikan,” terangnya.

Sementara itu, Asih pedagang lainya menyebut, selain cabai kenaikan komoditas sayuran seperti kangkung dan bayam juga naik hingga 100 persen.

“Tadinya kita beli diharga Rp700 kalau sekarang Rp2 ribu per ikatnya,” jelas Asih.

Masih kata Asih, komoditas yang tidak mengalami kenaikan dan cendung stabil yakni bawang merah dengan harga Rp32 ribu perkilogram dan bawang putih Rp25 ribu perkilogram.

“Harga tomat juga turun dari harga Rp15 ribu menjadi Rp7 ribu perkilogram,” tutup Asih. ***