, , ,

Mina Agrowisata Bukit Sinyonya, Cara Cerdas Kades Bandung Kecamatan Banjar untuk Meningkatkan Pendapatan Desa

Rizal Fauzi

| 5 Desember 2023

| 23:26 WIB

Sekda Kabupaten Pandeglang ALi Fahmi Sumanta secara simbolis membuka destinasi wisata Mina Agrowisata Bukit SInyonya. (FOTO: EKBISBANTEN.COM)

PANDEGLANG, EKBISNTEN.COM – Pemerintah Desa Bandung, Kecamatan Banjar, Kabupaten Pandeglang, melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) mendirikan Mina Agrowisata Bukit Sinyonya. Pendirian Mina Agrowisata Bukit Sinyonya, di Desa Bandung, Kecamatan Banja, Kabupaten Pandeglang dengan memberdayakan pengangguran warga setempat.

Jumlah pemuda pengangguran yang diberdayakan pada awal pertama pendirian pada bulan Februari 2023 sebanyak 22 orang.

Mina Agrowisata didirikan oleh pemuda pengangguran yang tergabung dalam Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata).

Kepala Desa Bandung Wahyu Kusnadiharja mengatakan, Mina Agrowisata Bukit Sinyonya ini bukanlah miliknya. “Ini tempat kami karena ini bukan tepat saya tetapi tempat kami. Itu terdiri dari pemerintah desa, badan usaha milik desa, pengurus desa wisata dan kompleks sadar wisata,” katanya kepada awak media yang secara perdana melakukan camping ground di Bukit Sinyonya, Senin, 4 Desember 2023.

Wahyu menjelaskan, kenapa Mina Agrowisata Bukit Sinyonya karena di dalamnya memiliki 12 sektor pariwisata. Yaitu Desa Wisata. “Kami sengaja angkat nama Sinyonya karena Sinyonya ini merupakan ikan mas ikonik daripada Kabupaten Pandeglang khususnya dan umumnya provinsi Banten yang ada di Kecamatan Banjar, Desa Bandung tentunya. Ikan Mas Sinyonya ini adalah ikan mas peninggalan purbakala yang hampir punah yang tetap kita lestarikan keberadaannya,” katanya.

Dari nama itu, Kades Bandung menjelaskan, pihaknya angkat nama itu karena merupakan suatu potensi yang sangat luar biasa tentunya. Bisa diangkat menjadi sektor pariwisata.

‘Tugas yang mengangkat sektor pariwisata itu adalah kelompok sadarwisata. Kelompok sadar wisata namanya adalah Satya Patwa, Alhamdulilah berdiri pada Februari 2023,” katanya.

Jumlah Pokdarwis sebanyak 22 pengurus yang terdiri dari para pengangguran yang ada di desa.

Editor :Rizal Fauzi

Tags

Bagikan Artikel

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Scroll to Top