Mengapa Nilai Jual Mitsubishi Xpander Tetap Tinggi, Ini Alasanya

45
Foto: Istimewa

EKBISBANTEN.COM – Membeli mobil baru atau bekas adalah pilihan yang dipengaruhi berbagai faktor. Bagi banyak orang, punya mobil baru adalah kebanggaan tersendiri. Sedangkan bagi sebagian orang, membeli mobil bekas  bisa jadi karena disesuaikan dengan dana yang ada.

Tapi, ada pula yang punya uang untuk beli mobil baru, tapi memilih beli mobil bekas karena ingin mendapatkan mobil dengan spesifikasi yang lebih tinggi.

Hanya saja, tidak semua orang mengerti mesin. Memang, membeli mobil bekas tergolong gampang-gampang susah.  Bagi yang paham mesin dan harga pasaran atau   sudah mengerti seluk-beluk cara membeli mobil bekas, bisa mendapat mobil bekas yang sesuai keinginan.

Sebaliknya, bagi pembeli yang tidak mengerti mobil justru terjebak dengan mobil bekas yang menjadi beban, seperti kerap mengalami kerusakan hingga masalah yang tiba-tiba saja terjadi.
 Sebenarnya, ada cara sederhana untuk mengetahui kondisi mobil bekas, yakni memeriksa catatan service mobil yang  yang diincar.

Catatan riwayat service bisa menunjukkan apakah mobil tersebut melakukan perawatan yang rutin, baik di bengkel resmi atau tidak.  Jika perawatan rutin dilakukan, maka bisa dipastikan bahwa kondisi dan performa kendaraan tersebut lebih prima meskipun dalam status bekas.Terbukti, mobil yang memiliki catatan service yang baik jauh lebih dihargai dan lebih dipercaya oleh konsumen mobil bekas.

Contoh nyatanya, adalah nilai penjualan mobil bekas Mitsubishi Xpander yang depresiasinya tergolong rendah. Hal itu terjadi kebanyakan karena kondisi bekas Mitsubishi Xpander masih tergolong prima berkat service rutin.

Hal ini diamini oleh Boediarto, Head of After Sales & CS Operation Group PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Ia mengatakan  untuk menjaga resale value (harga jual kembali) kendaraan, kuncinya terletak pada kualitas produk dan ketersediaan layanan purna-jual.

“Untuk memastikan fungsi dari tiap komponen yang ada dikendaraan bekerja secara normal, dibutuhkan pengecekan baik melalui perawatan berkala di bengkel resmi maupun secara mandiri oleh pengguna terhadap kendaraannya,” ungkapnya.

Dengan kata lain, bila Anda melakukan perawatan rutin di bengkel resmi, mobil Anda akan memiliki histori perawatan yang terdokumentasi dengan baik. Sehingga, ketika suatu saat Anda akan menjual nilainya tidak akan turun drastis.

Sebabnya, calon pembeli mobil bekas, kerap menjadikan parameter ini untuk mengukur kualitas kendaraan. Bahkan tak sedikit dari calon pembeli akan meminta track record dari mobil yang akan dibeli. Nah, untuk menunjang hal itu, histori service ini bisa diakses di semua bengkel resmi oleh konsumen mobil bekas.

Boediarto menambahkan, pemilik bisa menjaga umur mesin dan performanya dengan cara sederhana, yakni memastikan kualitas bahan bakar yang dimasukkan. “Dengan menggunakan bahan bakar yang direkomendasikan di buku manual membuat performa mesin terjaga,” ujar Boediarto.

Bukan hanya itu saja, kondisi kabin mobil yang mulus dan terawat juga akan mempengaruhi harga jual kembali. Apabila dirasa perlu, cobalah sesekali dalam 6 bulan lakukan perawatan ke salon mobil untuk merawat interior (termasuk jok kulit) dan eksterior (termasuk ruang mesin).

Dia mengatakan, saat ini,  MMKSI memang memberikan layanan service Smart Package buat Mitsubishi Xpander. Layanan ini berupa service rutin yang tidak mengenakan biaya. Tidak heran jika konsumen Mitsubishi Xpander banyak yang memanfaatkan program tersebut. 

Kabar baiknya, paket tersebut tidak akan hilang meskipun Mitsubishi Xpander tersebut telah pindah ke tangan kedua. Pasalnya, paket tersebut melihat dari nomor mesin mobil bukan nama dari pemilik mobil. (*/Raden/Marketeers)