Sabtu, 13 Juli 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Membanggakan! Gadis Asal Anyer Wakili Banten Ikut Pemilihan Duta Maritim Indonesia

Maulana Abdul Haq

| 12 Agustus 2023

| 14:26 WIB

Duta Maritim Indonesia
Peserta pemilihan Duta Maritim Indonesia, A’ina Na’bilah. (Foto: Istimewa)

CILEGON, EKBISBANTEN.COM – Gadis asal Kampung Kamurang Pal RT 003/002, Desa Grogol Indah, Kecamatan Anyar, Kabupaten Serang A’ina Na’bilah terpilih mewakili Provinsi Banten untuk mengikuti pemilihan Duta Maritim Indonesia.

Acara pemilihan Duta Maritim Indonesia itu digelar oleh Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo) di Jakarta.

Kontes pemilihan Duta Maritim yang merupakan program lembaga di bawah kepemimpinan Wali kota Samarinda itu, bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkonsentrasi pada pembangunan kemaritiman.

BACA: Dua Peserta Asal Banten Bakal Ikut Seleksi AHM Best Student 2023 di Tingkat Nasional

“Alhamdulillah, setelah melewati tahap seleksi berkas dan tahap seleksi wawancara, aku terpilih menjadi salah satu perwakilan Banten menjadi Duta Maritim,” ucap A’ina melalui keterangan tertulisnya yang di siarkan Diskominfosatik Kabupaten Serang pada Kamis, 10 Agustus 2023.

100 orang yang terpilih menjadi Duta Maritim dari seluruh Indonesia, kata A’ina, selanjutnya akan berangkat ke Jakarta pada 11 sampai 17 Agustus 2023 untuk mengikuti kegiatan Sekolah Duta Maritim Indonesia (SDMI) dan memperebutkan gelar Duta Maritim Indonesia.

Setelah terpilih menjadi Duta Maritim Indonesia, lanjut A’ina, dirinya akan mendapat banyak tugas yang harus diselesaikan.

BACA: 3 Kiat Sukses ala Elon Musk yang Wajib Dicoba

“Di antaranya mengajak generasi penerus bangsa, khususnya yang berdomisili di Kabupaten Serang untuk sama-sama membangun kemaritiman. Kabupaten Serang kan daerah penuh wisata,” ujar A’ina.

Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Anyar Tahun 2023 ini juga mengatakan, penilaian Pemilihan Duta Maritim akan diseleksi langsung oleh pusat atau Aspeksindo.

Panitia akan menyeleksi peserta, mulai dari persyaratan lembar motivasi, video potensi maritim, Kartu Tanda Penduduk (KTP), foto setengah badan, sertifikat prestasi, dilanjutkan dengan wawancara terkait ke-Aspeksindo-an, wawasan kemaritiman, isu strategis dan potensi kedaerahan, diakhiri penalaran.

BACA: Ini Alasan Nabhani Buka Kedai Makan Gratis di Kota Cilegon

Menurut A’ina, Indonesia khususnya Banten mempunyai banyak potensi wisata bahari, potensi sumber daya laut, maupun potensi geografis yang belum digali maksimal.

Kondisi itu, menurut mahasiswi baru Jurusan Teknik Kimia Maba Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) ini, selaras dengan tujuan diadakannya SDMI, yakni menjadi salah satu generasi bangsa yang turut serta berkontribusi pada pembangunan kemaritiman.

“Hal-hal dan pelajaran di sana (SDMI yang digelar Aspeksindo-red), tentunya tidak akan saya pendam pribadi, tetapi akan dibagikan pada generasi penerus bangsa yang lainnya,” tegas atlet bela diri Pencak Silat ini.

A’ina berharap, perjalanannya untuk berkompetisi pada ajang Pemilihan Duta Maritim Indonesia bisa maksimal dan dapat menyerap pembelajaran yang didapat selama kegiatan.

“Supaya saya bisa membagikan hasil pembelajaran secara utuh dan menyeluruh, tidak setengah-setengah,” harapnya. (*)

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top