Minggu, 16 Juni 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Masyarakat Adat Kasepuhan Cisitu Sukses Majukan Ketpang Nasional dan Ekonomi Lokal Lewat Seren Taun 2023

Raden Warna

| 4 Agustus 2023

| 13:41 WIB

Masyarakat Adat Kasepuhan Cisitu melaksanakan Peringatan Seren Taun 2023. (Dok/Istimewa)

LEBAK, EKBISBANTEN.COM – Dalam upaya untuk mewujudkan aktualisasi ketahanan pangan (ketpang) nasional dan ekonomi yang kuat, mereka telah menggelar penyuluhan pertanian dalam rangka Seren Taun 2023 di Bale Paseban Kasepuhan Cisitu.

Peringatan tersebut selalu dilaksanakan pada tanggal 3 Agustus 2023, hal ini merupakan hari bersejarah bagi masyarakat adat Kasepuhan Cisitu di Desa Situmulya, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Acara ini menjadi ajang pertemuan berharga yang dihadiri oleh tokoh adat, tokoh agama, dan perwakilan dari Dirintelkam Polda Banten, Kombes Pol Heska Wahyu Widodo yang diwakili oleh Ps. Panit II Subdit II Ditintelkam Ipda Agus Kurniawan beserta Tim, Turut hadir juga Perwakilan Mahasiswa Cipayung Plus (KAMMI) serta 100 orang perwakilan dari petani masyarakat adat Kasepuhan Cisitu.

Dalam sambutannya, Ketua Adat Kasepuhan Cisitu Yoyo Yohenda, mengucapkan terima kasih dan kebanggaan atas partisipasi dari tim Subdit 2 Ditintelkam Polda Banten.

Seren Taun kali ini bertemakan ‘Ruat Jagat Rawat Adat Ekonomi Kuat’, yang menekankan pentingnya menjaga lingkungan dan menghindari sifat serakah agar keseimbangan alam tetap terjaga.

Dalam memperkuat ekonomi masyarakat, mereka juga menekankan pentingnya merawat adat dan menjaga aturan-aturan serta falsafah hidup masyarakat adat.

Selain itu, Ketua Adat Kasepuhan Cisitu juga menyampaikan beberapa aspirasi dari petani masyarakat adat. Mereka berharap ada pembangunan irigasi perairan di Pasir Katimus dan Lebak Rangu (Desa Situmulya) serta di Pamatang Kolecer (Desa Kujangsari).

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top