Masih Mahal, 1 Butir Cabai Rawit Merah di Pasar Baru Kranggot Rp1.000

28
SABAR: Salah satu pedagang sayuran di Pasar Baru Kranggot Kota Cilegon menunggu pelanggan datang, Selasa (16/3). (Muhamad Saefullah / Ekbisbanten.com)

CILEGON, EKBISBANTEN.com – Harga cabai rawit merah di Pasar Baru Kranggot, Kota Cilegon pada Selasa (16/3) mencapai Rp 130 ribu per kilogram (Kg).

Harga ini jauh lebih murah Rp10 ribu jika dibandingkan dengan harga cabai rawit merah yang dijual di Pasar Induk Rau (PIR) Kota Serang sebesar Rp140 ribu per Kg.

BACA JUGA: Duh, Harga Cabai Rawit di Pasar Induk Rau Masih Rp140 Ribu per Kilogram

Ipan (30) salah satu pedagang sayuran di Pasar Baru Kranggot mengatakan, saat ini harga cabai rawit merah di Pasar Baru Keranggot turun Rp5 ribu/kg. Satu minggu sebelumnya harga cabai rawit merah di Cilegon sebesar Rp135 ribu/kg.

“Iya harga cabai sudah mulai menurun dan menurut hitungan (pedagang) akan terus menurun sampai Hari Raya Idul Fitri,” ujar Ipan saat ditemui Ekbisbanten.com di Pasar Baru Kranggot.

Ia menjelaskan, penurun harga tersebut karena petani mulai memesuki masa panen, sehingga pasokan cabai rawit merah dari luar daerah diprediksi akan terus meningkat.

“Iya karena cabai yang kita jual ini dari daerah Bandung. Sebab kalau daeran Banten sendiri tidak ada stok cabai banyak,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Roni (38) pedagang cabai rawit di Pasar Baru Kranggot membenarkan, harga cabai rawit merah di Pasar Baru Kranggot sudah sekitar satu minggu ini turun Rp5 ribu/kg.

BACA JUGA : Diberhentikan Secara Terhormat Sebagai Dirut Bank Banten, Ini Pesan Fahmi Bagus Mahesa

“Iya cabai rawit merah lagi turun. Karena mau masuk Bulan Ramadhan,” katanya.

Sedangkan untuk harga cabai jenis lainya masih sama seperti hari hari sebelumnya. Misalnya cabai ijo masih dijual Rp25 rb/kg, cabai rawit kecil dijual Rp45 rb/kg, dan cabai rawit putih masih Rp60 rb/kg.

Sementara itu, Ani (34) salah warga Puri Krakatau Hijau Kota Cilegon mengeluh dengan meroketnya harga cabai rawit merah yang menembuh Rp130 ribu/kg.

“Masa untuk sekarang inI beli cabai rawit merah Rp10 ribu dapetnya hanya 8-10 biji. Terus bisa masak apa kalau dapatnya segitu,” kata Ani. (mg-asep)

Editor : Ismatullah