HUT Damkar 101 DiManfaatkan Untuk Sosialisasi Pencegahan Virus Corona

94

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Serang yang ke 101 tidak seperti HUT Damkar seperti tahun sebelumnya. Kali ini HUT Damkar hanya dilaksanakan dilingkungan internal saja.
Hal itu dikarenakan adanya himbauan dari pemerintah pusat untuk menghindari keramaian orang banyak yang merupakan salah satu upaya untuk mengurangi resiko terinfeksi virus corona yang saat ini sudah mewabah keberbagai negara termasuk Indonesia.
Akan tetapi BPBD Kabupaten Serang manfaatkan HUT Damkar tersebut untuk mensosialisasikan pencegahan penyebaran virus corona.
Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Serang, Nana Sukmana mengatakan biasanya HUT Damkar BPBD Kabupaten Serang menyebarkan undangan baik untuk instansi pemerintahan Kabupaten Serang maupun pihak swasta.

“Untuk tahun ini hanya dilaksanakan untuk internal saja,” katanya.

Kata dia, meskipun ada himbauan untuk tidak melaksanakan kegiatan yang melibatkan orag banyak. Akan tetapi ia memanfaatkan momen HUT Damkar tersebut untuk melakukan sosialisasi pencegahan penyebaran virus corona. Hal itu ditandai dengan sebelum melaksanakan kegiatan tersebut seluruh peserta wajib untuk melakukan scan suhu tubuh.

Lanjutnya, setelah melakukan scan suhu tubuh peserta juga diwajibkan untuk mencuci tangan. Hal itu dilakukan juga usai melaksanakan kegiatan tersebut.

“Sebagai bentuk mengkampanyekan pentingnya menjaga kebersihan,” katanya.

Lanjutnya, dalam menghadapi penyebaran virus corona masyarakat tidak perlu panik akan tetapi perlu untuk meningkatkan kewaspadaan.

Selain itu, kata dia momen tersebut juga dimanfaatkan untuk Bupati Serang mensosialisasikan intruksi dari pusat serta mensosialisasikan tata cara pencegahan sekaligus untuk memutus mata rantai penyebaran virus.

“Mudah-mudahan apa yang kami sampaikan dapat disampaikan kembali kekeluarga dan orang-orang sekitar,” katanya.

Sementara itu, Ketua harian Crisis Centre BPBD Kabupaten Serang, Jhonny E. mengatakan pemanfaattan HUT Damkar tersebut dilaksanakan karena tidak semua lapisan masyarakat menggunakan media sosial dan membaca berita maupun menonton berita yang ada di Televisi. Oleh karena itu kata dia, dengan adanya sosialisasi tersebut dapat disampaikan antar Individu.

“Ada orang-orang yang masih kolot tidak mengerti menggunakan gadget. Tetapi ada juga yang kemana-mana membawa gadget,” katanya.

Lanjutnya, dalam kegiatan tersebut pihaknya juga melaksanakan beberapa atraksi yang baru dilakukan tahun ini oleh anggota Damkar seperti Atraksi Debus dan atraksi Animal Rescue. Sementara untuk atraksi yang dilakukan ditahun-tahun sebelumnya, kata dia, masih tetap sama salah satunya dengan menghadirkan atraksi air mancur warna warni. (Red)