Mandiri Syariah Luncurkan ATM Beras Gratis untuk Masyarakat Cilegon, Lombok dan Batam

136
Kartu ATM Beras Bank Mandiri Syariah. (Foto/Raden/ekbisbanten.com)

CILEGON, EKBISBANTEN.COM – PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) dan Laznas BSM Umat meluncurkan mesin ATM Beras berlokasi di lingkungan Masjid Al-Kautsar, Komplek Griya Cilegon Indah, Serang, Banten.

Area Manager BSM Tangerang Ficko Hardowiseto mengatakan, ATM Beras merupakan bentuk kepedulian terhadap masyarakat terdampak pandemi, serta memberikan kemakmuran bagi masjid.

“ATM yang kami launching juga sudah di isi beras sebanyak 1,5 ton, beras tersebut bersumber dari zakat yang terhimpun dari nasabah BSM,” kata Fiko kepada Ekbisbanten.com, Kamis (10/9).

Sementara itu, Branch Manager BSM PCI Wahyu Eko Purnomo mengatakan, Acara ini berbarengan dengan peluncuran 2 mesin ATM Beras lainnya yaitu di Praya (Kabupaten Lombok Tengah) dan Batam oleh Bank Syariah Mandiri cabang setempat secara virtual.

“Tiga cabang ini punya kinerja keuangan yang positif, sebagai apresiasi BSM pusat memberikan apresiasi berupa ATM Beras di area cabang, kenapa kami lakukan di Masjid Al-Kautsar, karna sudah ada 100 mustahik, dan masjid yang aktif penyaluran zakat, infak maupun sodakoh,” kata Wahyu.

Sementara itu, Direktur Laznas BSM Umat Rizqi Okto Priansyah menambahkan, sejalan dengan maqashid (tujuan) syariah, Mandiri Syariah ingin keberadaannya membawa manfaat untuk masyarakat termasuk masyarakat kurang mampu.

“Dengan ATM Beras ini Mandiri Syariah ingin meringankan beban masyarakat kurang mampu melalui penyediaan beras sebagai bahan makanan pokok,” papar Okto.

ATM beras ini dapat diakses secara cuma-cuma oleh para mustahik (masyarakat penerima) di setiap lingkungan masjid, yang sebelumnya telah diseleksi oleh Badan Amil Zakat di Masjid Al-Kautsar. ATM Beras Mandiri Syariah mempunyai kapasitas 240 kg dimana setiap orang akan mendapat jatah 4,8 kg beras per bulan.

Program ATM Beras ini juga merupakan implementasi program Sustainable Finance Mandiri Syariah untuk membantu dan mempermudah penyaluran beras dari petani binaan Mandiri Syariah, sekaligus program campaign mengajak masyarakat untuk berdonasi beras.

Untuk lebih memudahkan masyarakat berdonasi, berinfak, sedekah, zakat, wakaf (ziswaf) Mandiri Syariah bekerja sama dengan masjid dalam menyediakan layanan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS). Dengan adanya metode pembayaran QRIS, masyarakat dapat melakukan transaksi ziswaf tanpa harus menggunakan uang tunai.

“Semoga keberadaan ATM Beras ini dapat membantu masyarakat dan menjadi kontribusi Mandiri Syariah dalam program Pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan,” pungkas Okto. (Raden)