Mahasiswa Uniba Sosialisasikan Petilasan Nyimas Gamparan, Panglima Perang Perempuan dari Banten

KKM Kelompok 60 Uniba saat menggelar pengabdian masyarakat di Petilasan Nyimas Gamparan. (FOTO: KKM UNIBA/EKBISBANTEN.COM)

EKBISBANTEN.COM, SERANG – Tak banyak anak muda di Banten mengenal Nyi Mas Gamparan. Tokoh pejuang perempuan yang lantang melawan penjajah Belanda di masanya itu memang tak banyak dibicarakan dalam buku-buku sejarah di sekolah.

Dari berbagai sumber, Nyimas Gamparan menjadi panglima perang karena tidak tahan melihat penderitaan rakyat akibat aturan tanam paksa pemerintah kolonial terhadap masyarakat Cikande dan sekitarnya.

Salah satu petilasan tempat persembunyian beliau saat lari dari kepungan penjajah berada di Desa Tanjung Sari Kecamatan Pabuaran Kabupaten Serang. Tempat yang jarang terekspos oleh media.

Baca Juga: https://ekbisbanten.com/550-tenaga-honorer-kota-serang-ikut-demo-serentak-di-dpr-ri-syafrudin-pelayanan-tetap-berjalan/

“Atas dasar itulah kemudian Kuliah Kerja Mahasiswa Universitas Bina Bangsa (UNIBA) kelompok 60 menggelar kegiatan pengabdian masyarakat bertajuk Revitalisasi Wisata Religi Petilasan Nyi Mas Gamparan Berbasis Social Media Marketing,” ungkap Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Uniba Ita Rosita Wahyiah, Senin 7 Agustus 2023.

Iya menjelaskan, dalam kegiatan pengabdian ini KKM Uniba berupaya memperkuat promosi terhadap cagar budaya petilasan Nyimas Gamparan dan Sumur Ciwasiat melalui pemanfaatan media sosial.

Editor :Rizal Fauzi

Tags

Bagikan Artikel

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Scroll to Top