Mahasiswa Bidikmisi Untirta Relakan Rumah Jadi TBM

238
Teladan: kedua dari (kanan) Devhi saat menerima donasi dari organisasi Duta damai. (raden/ekbisbanten.com)

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Peduli dengan budaya literasi (membaca), Devhi Dewi Nur (22), salah satu mahasiwa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa rela membangun Taman Baca Masyarakat (TBM) dihalaman rumahnya yang beralamat di Kampung Brangbang, Desa Lontar, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang – Banten.

Wanita yang akrab disapa Devhi ini mendirikam TBM yang diberi nama “TBM Teras Devhi”. Dibentuknya TBM ini untuk meningkatkan minat baca dan tulis atau literasi anak-anak¬† disekitar rumahnya.

“Alhamdulillah sejak tanggal 26 Mei 2019 TBM Devhi ini berdiri sampai sekarang masih ramai, awalnya dari musholah keluarga yang jarang dipakai, jadi kita sekeluarga sepakat untuk membuat TBM,” ujar Devi kepada ekbisbanten.com, Rabu (19/2).

Devi mengungkapkan, seluruh kegiatan TBM  miliknya tidak dipungut biaya sepeserpun dari masyarakat atau anak-anak yang hendak belajar di TBM.

“Karena saya senang dengan anak-anak, jadi TBM ini masih keluarga yang menanggung, anak-anak juga bisa mengerjakan PR sambil membaca beragam buku di TBM ini,” imbuh mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi tersebut.

Kendati demikian, TBM yang Devhi kelola masih memerlukan renovasi bangunan, karena jika hujan datang buku-buku di TBM dikhawatirkan kebasahan.

“Masih harus diperiksa kalau hujan, takutnya ada buku yang basah. Alhamdulillah juga buku yang ada di TBM ini dihimpun dari donasi, bahkan Serikat Pegawai Bank Indonesia pun mendonasikan sejumlah buku,” jelas Devhi.

Devhi berharap, dengan adanya TBM ini mampu memberikan edukasi bagi anak-anak dan masyarakat sekitar, serta terus eksis untuk meningkatkan minat baca sejak kecil.

“Karena pendidikan disini kebanyakan masih lulusan SMA kemudian bekerja, kami harap masih ada pihak yang peduli dengan pentingnya pendidikan ini,” tutup Devhi. (raden)