Sabtu, 13 Juli 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Macet Panjang di Pelabuhan Ciwandan, Kemenhub Ungkap Enam Penyebabnya

and

| 17 April 2023

| 04:44 WIB

Kementerian Perhubungan
Dirjen Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Hendro Sugiatno saat memberikan keterangan kepada wartawan terkait penyebab kemacetan di Pelabuhan Ciwandan. (Foto: Istimewa)

CILEGON, EKBISBANTEN.COM – Kemacetan panjang yang menimpa truk di Pelabuhan Ciwandan selama berjam-jam, akhirnya membuat Dirjen Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan angkat bicara.

Dirjen Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno mengatakan, setidaknya ada enam masalah yang membuta truk terjebak macet hingga berjam-jam lamanya.

Menurutnya, peningkatan jumlah truk yang akan menyeberang ke Sumatera mencapai 60 persen dinilai masalah yang pertama.

“Yang kedua ada satu kapal yang kurang dan ketiga tugboat-nya itu masih kurang. Yang keempat truk pengennya ‘saya pengen ke Bakauheni’ padahal dipersiapkan ke Panjang, itu masih memilih akhirnya lambat,” kata Hendro kepada wartawan di Pelabuhan Merak, Minggu (16/4/2023).

Selanjutnya, masalah kelima terdapat pada penumpang yang masih belum memiliki tiket sesampainya di Pelabuhan Ciwandan. Masalah yang sering terjadi ini menjadi salah satu sebab kemacetan panjang di Jalan Lingkar Selatan (JLS).

“Yang kelima adalah masih ada yang masuk ke Pelabuhan tidak memiliki tiket atau belum memiliki tiket,” ujar Hendro.

Hendro mengungkapkan, penyaringan penumpang seharusnya bisa dilakukan sebelum masuk ke pelabuhan. Namun, yang terjadi justru penyaringan itu dilakukan saat pemudik masuk pelabuhan.

“Yang keenam adalah screening boarding pass-nya itu setelah penumpang masuk baru ada screening,” ujarnya.

Oleh karena itu, menyikapi enam persoalan, kata Hendro, Kemenhub bersama sejumlah instansi terkait lainnya segera mengevaluasi dan mengambil langkah cepat untuk mengatasi persoalan.

“Dari kejadian itu maka dievaluasi pada sore hari ini, pertama untuk tugboat-nya ada penambahan dan pandu ditambah kemaren 2 hari ini 4 sehingga pergerakan kapal makin cepat,” ujarnya.

“Evaluasi kedua adalah bahwa screening untuk tiket itu akan dipercepat dan ticketing akan ditambah dan dipercepat,” pungkas Hendro.

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top