M. Faizal: Sumber Daya Manusia Jadi Kunci Pengembangan Pariwisata di Banten

15
Ketua Komisi III DPRD Banten Muhammad Faizal (kiri) dan Kepala Bidang Pengembangan SDM Pariwisata dan Ekononi Kreatif Dispar Banten Linda Rohyati saat memberikan keterangan kepada wartawan. (FOTO: ISMATULLAH / EKBISBANTEN.COM)

TANGERANG – Ketua Komisi III DPRD Banten Muhammad Faizal mengatakan, sumber daya manusia (SDM) menjadi faktor utama guna pengembagan pariwisata di Provinsi Banten.

Hal itu uangkapkan saat menjadi narasumber pada pelatihan keselamatan wisatawan yang digelar Dina Pariwisata Provinsi Banten di Yayasan Sahabat Keluarga Lippo Karawaci, Kelurahan Binong, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang pada Rabu (30/11/2022).

Acara yang dihadiri puluhan pengelolah destinasi wisata dan masyarakat di Kabupaten Tangerang tersebut turu dihadiri Kepala Bidang Pengembangan SDM Pariwisata dan Ekononi Kreatif Dispar Banten Linda Rohyati.

“Karena semua kegiatan wisata tanpa ditopang oleh SDM yang ramah dan berkualitas kita berat untuk meningkatkan wisata kita,” ujar Muhammad Faizal.

Untuk itu kata Faizal, pihaknya akan terus mendukung upaya yang dilakukan Dispar Banten dalam peningkatan SDM di Provinsi Banten.

“Karena SDM menjadi kunci utama pengembangan pariwisata di Banten, maka salah satu solusi yang perlu ditempuh adalah dengan meningkatkan kompetensi SDM yang dimiliki di Provinsi Banten, khususnya di Kabupaten melalui peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan yang tepat,” katanya.

Lebih lanjut Faizal juga mengatakan, pentingnya memiliki SDM di industri pariwisata yang mumpuni karena sebagai motor penggerak kelangsungan industri, pelaku utama yang menciptakan produk inti pariwisata (pengalaman). dan salah satu faktor penentu daya saing industri.

“Sebab pariwisata sebagai sebuah industri yang sangat bergantung pada keberadaan manusia,” pungkasnya.***