Lion Air Grup Hentikan Penerbangan Sementara

76

JAKARTA, EKBISBANTEN.COM – Lion Air Group menghentikan layanan pengoperasian penerbangan domestic sementara. Hal itu merupakan salah satu langkah yang diambil pihak Lion Air Group untuk mendukung pemerintah dalam mencegah penyebaran virus korona (Covid-19). Adapun member Lion Air Group yang menghentikan sementara yakni Lion Air (kode penerbangan JT), Wings Air (kode penerbangan IW), Batik Air (kode penerbangan ID).

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro mengatakan Lion Air Group sangat mendukung pemerintah terkait dengan usaha pencegahan penyebaran virus korona (Covid-19), melalui peran serta aktif melaksanakan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Dalam hal ini Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di setiap lingkungan dan aktivitas perusahaan telah mensosialisasikan di lingkungan sekitar perusahaan.

“Kami sangat mendukung usaha pemerintah terkait pencegahan penyebaran virus korona dengan melakukan peran aktif serta mensosialisasikan penangan penyebaran virus korona di sekitar lingkungan perusahaan,” ujar Danang dalam keterangan resminya yang diterima ekbisbanten, Rabu (27/5).

Danang juga mengatakan berdasarkan evaluasi atas pelaksanaan operasional penerbangan sebelumnya, banyak calon penumpang yang tidak dapat melanjutkan perjalanan atau tidak bisa terbang dan harus kembali dengan segala biaya yang telah dikeluarkan (kerugian), hanya karena ketidaktahuan atau ketidak pahaman atas ketentuan-ketentuan yang harus dipenuhi untuk dapat melaksanakan perjalanan dengan pesawat udara.

Dengan demikian para calon penumpang masih membutuhkan sosialisasi yang lebih intensif agar lebih mengetahui dan memahami secara jelas terkait dengan ketentuan-ketentuan dan persyaratan yang dibutuhkan untuk rencana bepergian menggunakan pesawat udara. Calon penumpang belum sepenuhnya mengetahui dan memahami bagaimana dokumen-dokumen perjalanan dipenuhi dan dimana calon penumpang mendapatkannya.

“Para penumpang membutuhkan sosiaalisasi yang lebih intensif agar lebih mengetahui dengan jelas ketentuan dan persyaratan untuk melakukan penerbangan,” ujarnya.

Dalam hal ini diharpkan kepada para calon penumpang agar lebih mengetahui dan memahami dokumen-dokumen yang diperlukan untuk melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat udara.

Dengan demikian Lion Air Group memutuskan untuk melakukan sosialisasi yang lebih intensif melalui website dan kantor-kantor cabang serta menghentikan sementara operasional penerbangan selama 5 (lima) hari, yaitu mulai 27 Mei sampai dengan 31 Mei 2020.

Selain menjaga agar para calon penumpang dalam keadaan baik atau memenuhi kriteria penerbangan Lion Air Group juga harus menjaga serta memastikan kondisi kesehatan fisik dan jiwa seluruh karyawan berada dalam keadaan baik, pasca operasional sebelumnya.

Lion Air Group memfasilitasi kepada calon penumpang yang sudah memiliki atau membeli tiket (issued ticket) dapat melakukan proses pengembalian dana tanpa potongan (full refund) atau perubahan jadwal keberangkatan tanpa tambahan biaya (reschedule) melalui Kantor Pusat dan Kantor Cabang Penjualan Tiket (Ticketing Town Office) Lion Air Group di seluruh kota di Indonesia, layanan kontak pelanggan (call center) 021-6379 8000 dan 0804-177-8899. (Yohana/red)