Libur Lebaran, Pemesanan Kamar Hotel di Anyer Tembus 70 Persen

265
Aston Anyer
Pemandangan bibir pantai di Hotel Aston Anyer. (Foto: Instagram Aston Anyer)

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Tingkat pemesanan kamar hotel di daerah objek wisata Pantai Anyer dan Cinangka, Kabupaten Serang, Provinsi Banten untuk kebutuhan libur Lebaran 2021 sudah mencapai 70 persen.

“Secara general (reservasi kamar) diangka 70 persen. Dari 70 persen ini kebanyakan pesanan yang dilakukan secara dadakan. Jadi persentase walkin dan bookingan pada hari yang sama itu sangat tinggi,” kata Ketua Harian Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Serang Doddy Fathurahman saat dihubungi, Kamis (13/5).

Tingginya pemesanan kamar ini kata Doddy, seiring besarnya animo masyarakat atau wisatawan domestik yang ingin merayakan Libur Lebaran 2021.

“Kemerin itu memang sempat terganggu karena ada isu-isu larangan wisatawan masuk ke Anyer dan pemblokiran jalan. Tapi kalau saya lihat di lapangan saat ini, walaupun tidak seramai dengan sebelumnya, Anyer sudah cukup lumayan ramai mulai malam ini. Bahkan beberapa hotel dan pantai umum saya lihat memang penuh,” kata Cluster General Manager of Aston Cilegon Boutique Hotel & Aston Anyer Beach Hotel ini.

Karena sempat ada isu larangan masuk ke Anyer itu lanjut Doddy, wisatawan yang akan berlibur ke Anyer melakukan wait and see menunggu kepastian kebijakan pemerintah. Sehingga, pemesanan kamar hotel di Anyer saat libur Lebaran diprediksi di bawah 50 persen.

“Tahun ini berbeda dengan tahun lalu. Kalau tahun lalu itu, wisatawan Anyer itu melakukan pemesanan (kamar) jauh-jauh hari, satu atau dua minggu itu sudah pesan. Tapi sekarang ini rata-rata pemesanan di hari H atau H-1 nya,” katanya.

“Karena memang ada isu yang lebih berpengaruh terkait pemblokiran jalan, yang selama ini sudah beredar di pemberitaan dan media,” pungkasnya. (ismet)