Libur Lebaran, Okupansi Hotel di Anyer Alami Peningkatan Drastis

18
Hotel Pesona Anyer
Para wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Anyer dan Cinangka tengah memesan kamar di Pesona Krakatau Hotel. (FOTO: ISTIMEWA).

CILEGON, EKBISBANTEN.COM – Kawasan objek wisata Pantai Anyer dan Cinangka, Kabupaten Serang terus menunjukkan tren positif terhadap tingkat hunian pada sektor industri perhotelan pasca Idul Fitri 1443 Hijriah.

Hal itu dilatarbelakangi karena pemerintah telah melonggarkan aturan dan telah terbentuknya herd immunity atau kekebalan komunal pada masyarakat, sehingga menarik para wisatawan untuk kembali mengunjungi sejumlah wisata di Anyer dan Cinangka.

Tak ayal, karena membludaknya jumlah para wisatawan yang kembali memenuhi tempat wisata, membuat sejumlah pengelola hotel kecil di kawasan objek wisata Anyer kewalahan memenuhi permintaan dari wisatawan yang hendak menginap.

Pengelola Pesona Krakatau Hotel, Yurlena Rachman mengatakan bahwa tingkat hunian di hotelnya mengalami peningkatan yang sangat drastis dari bulan bulan sebelumnya.

Tercatat, pada Sabtu, 14 Mei 2022 kemarin wisatawan memenuhi kamar hotelnya hingga 100 persen, sedangkan pada Minggu, 15 Mei 2022 terisi 90 persen.

“Kemarin penuh, long weekend ini Anyer langsung dipadati pengunjung lagi. Weekend kemarin okupansi kita sudah mencapai 90 persen, jadi pasca lebaran pengunjung masih meminati berlibur ke Anyer,” katanya kepada wartawan, Selasa (17/5/2022).

Lena juga mengungkapkan, kondisi Kawasan objek wisata Pantai Anyer dan Cinangka dalam keadaan aman dan nyaman sehingga terbuka bagi para pelancong yang membutuhkan suasana berlibur.

“Aman dan sangat nyaman untuk dipakai liburan,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Pengelola Regal Raya Cottage, Agus Zaenal. Ia menyampaikan bahwa tingginya antusias wisatawan di objek wisata Anyer dan Cinangka didominasi oleh warga Jabodetabek.

Hal itu otomatis membuat perekonomian pelaku pariwisata secara perlahan bangkit dari keterpurukan karena pandemi Covid-19 dua tahun ke belakang.

Alhamdulilah ini barokah bagi masyarakat Anyer yang berkecimpung di dunia pariwisata, Anyer kembali bangkit dan mudah-mudahan semua akan kembali seperti dulu lagi,” ujarnya.

Regal Raya Cottage juga, kata Agus, mengalami peningkatan tingkat hunian selama libur lebaran dan libur Hari Raya Waisak sebesar 90 persen.

Alhamdulilah, okupansi kita 90 persen. Kemarin momennya Idul Fitri, dan ini momen libur Waisak,” tuturnya.***