Lewat Rumah BUMN, Bank Mandiri Dorong UMKM Naik Kelas

20
Rumah BUMN. Dok/ Bank Mandiri

EKBISBANTEN.COM – Bank Mandiri sebagai agent of development berkomitmen untuk mendorong perekonomian di dalam negeri.

Komitmen ini diwujudkan lewat pengembangan Rumah BUMN sebagai wadah UMKM untuk mendapatkan pelatihan dan pembinaan sehingga dapat naik kelas lewat optimalisasi bisnis hingga digitalisasi. 

Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha mengatakan, Rumah BUMN (RB) merupakan wujud pengkayaan dari program Rumah Kreatif BUMN (RKB) yang bertujuan meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UMKM guna mewujudkan UMKM Indonesia yang unggul dan berkualitas. 

Bank Mandiri pun telah secara aktif memberikan pelatihan dan pembinaan terhadap UMKM binaan perseroan yang tersebar di seluruh Indonesia. “Langkah ini merupakan upaya Bank Mandiri sebagai salah satu insan BUMN untuk meningkatkan kelas bagi UMKM di Indonesia melalui empat tahapan yaitu Go Modern, Go Digital, Go Online dan Go Global,” ujar Rudi dalam keterangan resminya, Jumat (5/11). 

Adapun, sejak program dijalankan di tahun 2017 lalu, Bank Mandiri telah membina lebih dari 13.500 UMKM dan mendirikan 22 Rumah BUMN yang tersebar di seluruh Indonesia seperti yang ada di kabupaten Kampar sampai Bintuni serta kota-kota besar lainnya yaitu Jakarta, Bogor, Semarang dan Surabaya.

Rudi menambahkan, Bank Mandiri juga turut berkolaborasi dengan beberapa pihak untuk mempertajam kapasitas UMKM. 

Hasilnya, sepanjang tahun 2021 Bank Mandiri lewat Rumah BUMN telah menyelenggarakan lebih dari 160 pelatihan dan pembinaan yang bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM setempat hingga marketplace seperti Tokopedia, Blibli dan Shopee. Tidak hanya itu, Rumah BUMN binaan Bank Mandiri juga memberikan pelatihan kepada UMKM untuk memodernisasi bisnis dengan memanfaatkan sosial media sebagai wadah pemasaran. 

“Ke depan, kami akan lebih mengaktifkan peran RB Bank Mandiri dengan memberikan pelatihan dan pembinaan kepada UMKM agar Go Digital dan Go Global, bukan saja untuk mitra binaan namun Rumah BUMN juga akan dimanfaatkan sebagai co-working space bagi pelaku usaha dan sarana inkubasi para alumni Wirausaha Muda Mandiri (WMM),” pungkas Rudi. **