Sabtu, 20 Juli 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Laba Operasional Produsen Ban Hankook Tire Melejit 41,6 Persen di Kuartal II 2023

Muhamad Yuswan

| 19 Agustus 2023

| 00:42 WIB

Gedung Hankook Tire & Technology (Hankook Tire). (Foto: Hankook Tire for Ekbisbanten.com)

EKBISBANTEN.COM, SEOUL – Hankook Tire & Technology (Hankook Tire) selaku perusahaan ban global mencatat penjualan sebesar 2,263.4 miliar KRW dan keuntungan operasional 248.2 miliar KRW berdasarkan hasil konsolidasi keuangan global untuk kuartal kedua di 2023.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Ekbisbanten.com pada Jumat, 18 Agustus 2023, laba penjualan dan laba operasional Hankook Tire meningkat masing-masing 11 persen dan 41,6 persen dibandingkan tahun sebelumnya (YoY).

Di tengah keadaan bisnis yang menantang seperti pertumbuhan ekonomi yang lambat, Hankook Tire berhasil mencapai pertumbuhan yang meluas.

Melalui teknologi unggulan global dan strategi brand premium, perusahaan mencatat penjualan yang kuat dari ban kendaraan listrik (EV) dan produk-produk high value, yang berdampak pada peningkatan penjualan dan laba operasional.

Seiring meningkatnya produksi kendaraan karena pasokan semikonduktor otomotif yang stabil, pasokan dari ban original equipment (OE) terus berekspansi secara global.

Selain itu, meskipun permintaan berkurang karena persediaan distributor yang tinggi di pasar utama, penjualan ban pengganti (replacement tire) melebihi permintaan pasar. Tidak hanya itu, profitabilitas juga meningkat karena stabilisasi biaya bahan baku dan tarif angkutan.

Secara khusus, porsi penjualan perusahaan dari ban mobil penumpang berukuran 18 inci ke atas – yang merupakan produk high value – meningkat 4.5 persen YoY sebesar 43.6 persen. Penjualan ban pengganti dan ban OE meningkat di pasar besar, seperti Eropa, Amerika Utara, dan Cina, yang mendorong pertumbuhan global.

Pada kuartal kedua, Hankook Tire meluncurkan ‘iON evo’ dan ‘iON evo SUV’, dengan rangkaian ban EV – termasuk ban semua musim, musim panas, musim dingin, dan ban performance untuk pasar Korea. Hankook Tire juga memperkenalkan ‘iON evo’ dan ban semua musim ‘iON ST AS’ di Cina, yang merupakan pasar EV terbesar di dunia – dan semakin memperkuat kehadiran Hankook Tire dan daya saingnya di pasar global.

Meskipun ketidakpastian ekonomi global tetap ada di paruh kedua tahun ini, Hankook Tire berencana untuk fokus mengejar pertumbuhan kualitatif, seperti mencapai peningkatan penjualan lebih dari 5 persen YoY dan proporsi penjualan 45 persen untuk ban mobil penumpang berukuran 18 inci ke atas.

Perusahaan juga akan terus mengembangkan lebih banyak kemitraan dengan produsen mobil global terkemuka dan memperluas kehadirannya di pasar kendaraan listrik, dengan tujuan mencapai 20 persen supply untuk ban perlengkapan asli (OE) untuk model EV di antara keseluruhan supply ban OE untuk mobil penumpang dan truk ringan.*

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top