KWT Pandan Lestari Tegalratu Kota Cilegon Sulap Daun Kelor Jadi Teh

30
Bentuk Seduan Teh Dauh Kelor Dok: Fauzul Imam/Ekbisbanten.com

CILEGON, EKBISBANTEN.COM – Kompok Wanita Tani (KWT) Pandan Lestari yang berlokasi di Jalan Ki Mudzakir Lingkungan Kubang Saron – Belungbang, Kelurahan Tegal Ratu, Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon mengubah daun kelor menjadi teh.

Founder Eswka Foundation sekaligus pendamping KWT Pandan Lestari Nur Cholis mengatakan, untuk mengolah daun kelor menjadi teh, kelompok tani yang dijalankan oleh Ibu-ibu rumah tangga ini memanfaatkan lahan pekarang rumah menjadi lahan pertanian.

Selain menanam daun kelor, anggota KWT Pandan Lestari menanam tanaman sayur seperti sawi, kangkung, bayam, kacang-kacangan untuk konsumsi sehari-hari.

“Program ini kami dampingi untuk pengembangan produknya. Teh kelor menjadi produk yang akan dikembangkan” ujar Nur Cholis, Jumat (16/7).

Ia mengatakan, kelompok ini terbentuk sejak 2019. “Program ini alhamdulillah sudah berjalan selama dua tahun dan semakin banyak diminati oleh ibu-ibu khususnya,” katanya.

Ia berharap, kedepan teh kelor ini menjadi produk yang bisa diterima masyarakat karena punya khasiatnya sebagai obat dan kesehatan.

“Sekarang kami lagi membuat inovasi produk turunannya dan kemasannya, yang kemudian nanti akan kami launching berupa jenis teh tubruk, juga akan mencoba teh celup kelor,” katanya. (Mg-Fauzul)