KWT Cibaliung Pasarkan Sayuran Organik Rp3 Ribu /Ikat

160

PANDEGLANG, EKBISBANTEN.COM – Kelompok Wanita Tani (KWT) Dukuh Mandiri, Desa Sukajadi, Kecamatan Cibaliung, mengemas sayuran organik kangkung darat dan bayam merah yang dipanen pada umur 25 hari dengan kemasan menarik.

Penyuluh Pertanian Desa Sukajadi, Anah Mulyanah mengatakan, cara ini merupakan strategi untuk memberikan nilai tambah penjulan sayuran hasil dari panen.

“Selain menjaga kualitas sayuran, harga yang dijual oleh para KWT yaitu Rp3 ribu per ikat,” kata Anah melalui pesan singkat whastapp, Senin (6/7).

Saat ini, kata Anah, KWT Dukuh Mandiri yang di fasilitasi Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pandeglang dan DKP Provinsi Banten pada kegiatan P2L ( Pekarangan Pangan Lestari) Pandeglang berjumlah 30 orang.

“Sayuran yang dibudidayakan meliputi, kangkung, bayam merah, seledri, bawang daun, jahe merah, pakcoy, salada bokor, cabe merah keriting, tomat dan terong,” imbuhnya.

Selain melakukan pemanfaatan pekarangan dengan tanam sayuran organik, KWT Dukuh Mandiri memiliki produk unggulan olahan pangan lokal yaitu kue noga wijen sejak tahun 2019 yang sudah di pasarkan ke luar wilayah Pandeglang.

“Dengan seleksi kualitas sayuranbyang baik, pemasaran dilakukan dengan cara promosi di media sosial facebook, sehingga konsumen bisa datang langsung ke lokasi atau sistem COD (Cash On Delivery) untuk yang terjangkau,” tutup Anah. (Raden)