KSAL Tinjau Bakti Kesehatan yang Diinisiasi Lanal Banten di Lebak

22
KSAL Laksamana TNI Yudo Margono didampingi Pj Gubernur Banten dan Danlanal Banten meninjau pelaksanaan bakti kesehatan. (FOTO: ESIH/EKBISBANTEN.COM).

LEBAK, EKBISBANTEN.COM – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banten menggelar kegiatan bakti kesehatan di Kecamatan Bojongmanik, Kabupaten Lebak, Banten, Kamis (24/11/2022).

Kegiatan bakti kesehatan yang mengangkat tema: “Melalui kepedulian terhadap kesehatan, TNI AL bersama rakyat siap membantu kejayaan maritim Indonesia pulih lebih cepat bangkit lebih kuat” tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Yudo Margono.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Penjabat Gubernur Banten, Danrem 064/MY, Danlanal Banten, Wakil Bupati Lebak, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten, Kepala Dinas Sosial Provinsi Banten, Plt Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Banten, Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Banten, dan unsur Forkopimda lainnya.

Dalam kesempatannya, Komandan Lanal Banten Kolonel Laut (P) Dedi Komarudin mengungkapkan, dalam bakti kesehatan diadakan beberapa kegiatan diantaranya yaitu pengobatan gratis, khitanan massal, pelayanan keluarga berencana (KB), dan dapur sehat tangani stunting.

“Total ada 48 personel tenaga kesehatan yang terlibat dan terdiri dari 7 personel BP Lanal Banten, 8 personel Puskesmas Bojongmanik, 7 personel dari Diskes Lantamal III, 10 personel dari Dinas DP3AP2KB, 6 personel dari BKKBN Provinsi Banten, dan 10 personel Kader Bojongmanik,” katanya.

Sementara itu, saat ditemui awak media, Kasal Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan kegiatan bakti kesehatan itu dilaksanakan untuk menaikan taraf hidup masyarakat.

“Kegiatan bakti sosial dan bakti kesehatan itu tentunya untuk membangun kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Diketahui, selain meninjau bakti kesehatan, KSAL juga melakukan peletakan batu pertama pembangunan sekolah Madrasah Ibtidaiyah Al Fatwa yang berlokasi di Kabupaten Lebak, Banten.

Selain itu, dalam kegiatan tersebut Laksamana Yudo juga berkesempatan berinteraksi dengan para siswa serta memberikan peralatan sekolah dan foto bersama dengan para guru maupun siswa MI Al Fatwa.

Tidak hanya itu, Laksamana TNI Yudi juga didaulat untuk memakai udeng khas Badui dan mendapatkan kehormatan dengan diangkat menjadi dulur Baduy yang ditandai dengan pemberian piagam, kemben, koja dan bedog badui yang kemudian diakhiri pemberian tali asih berupa sembako dari KSAL kepada warga Baduy.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penanaman Sorgum bersama dengan Pj Gubernur Banten, tokoh masyarakat dan unsur Forkopimda Provinsi Banten.

“Kegiatan-kegiatan yang hari ini dilakukan di Provinsi Banten ini tentunya adalah langkah TNI AL untuk mendukung program pemerintah, juga merupakan bentuk sinergitas TNI AL, rakyat dan seluruh komponen Forkopimda Wilayah Banten,” pungkasnya.***