Minggu, 14 Juli 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

KPU Tetapkan ‘Sabi Sami’ Jadi Maskot Pilkada Kota Serang

Esih Yuliasari

| 15 Juni 2024

| 21:00 WIB

Sabi sami pilkada kota Serang
Maskot Pilkada Kota Serang, Sabi Sami saat diperkenalkan dalam peluncuran maskot, jingle dan tagline Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serang. (FOTO: ESIH/EKBISBANTEN.COM).

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Serang meluncurkan jingle, maskot dan tagline, pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serang periode 2024-2029.

Adapun kegiatan peluncuran jingle, maskot dan tagline yang dimeriahkan dengan penampilan artis Budi Doremi dan Ayu Nopitasari ini digelar di Alun-alun Barat Kota Serang pada Sabtu (15/6/2024).

Saat ditemui awak media di sela kegiatan, Ketua KPU Kota Serang, Nanas Nasihudin mengungkapkan maskot dan jingle yang diluncurkan merupakan hasil dari perlombaan yang diadakan oleh KPU Kota Serang.

“Sengaja kita lombakan agar masyarakat Banten dapat turut berpartisipasi dalam pelaksanaan Pilkada di Kota Serang,” katanya.

Ia menjelaskan, maskot dan jingle tersebut telah melewati tahap penjurian dari kalangan akademisi, budayawan, maupun pegiat Pemilu.

Di mana akhirnya terpilih maskot Sabi dan Sami dengan simbol sate bandeng yang merupakan makanan khas Kota Serang.

“Sabi dan Sami ini memiliki makna tersendiri, Sabi itu artinya Serang berintegrasi sedangkan Sami Serang berdemokrasi,” tambahnya.

Lebih lanjut, Nanas menuturkan peluncuran maskot dan jingle Pilkada ini juga bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada.

Hal itu lantaran, pada Pilkada 2018 partisipasi masyarakat Kota Serang hanya mencapai angka 68 persen. Sementara pada Pemilu 2024 partisipasinya mencapai 85 persen.

“Harapan kami partisipasi masyarakat di Pilkada Kota Serang yang akan dilaksanakan serentak pada 27 November 2024 meningkat dan tidak jauh berbeda dengan tingkat partisipasi di Pemilu 2024,” pungkas Nanas.***

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top