KPU Kabupaten Serang Pangkas Anggaran Pilkada Rp5,26 Miliar

55
Ilustrasi Komisi Pemilihan Umum (KPU)

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang telah melakukan pencermatan dan restrukturisasi terkait anggaran hibah pemilihan 2020, dan berhasil menghemat anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) senilai Rp5,26 miliar.

Ketua KPU Kabupaten Serang, Abidin Nasyar mengatakan, dalam hal pencermatan atau efisien anggaran yang dilakukan oleh KPU Kabupaten serang, telah melakukan langkah-langkah efisiensi anggaran berupa kegiatan rapat tatap muka, perjalanan dinas dalam rangka supervisi dan monitoring, serta rapat kerja dan rapat koordinasi yang dilaksanakan secara virtual.

“Selain itu di agenda awal bulan, dilakukan tahapan lanjutan pemilihan yang menerapkan protokol kesehatan Covid-19 pada tanggal 6 sampai 7 Juni 2020 dan koordinasi degan pemkab Serang, jadi dari total anggaran Rp75,6 miliar kami bisa pankas Rp5,26 miliar,” kata Abidin, Selasa (9/6).

Abidin merinci, biaya tertinggi yang berhasil di pangkas ialah bersumber dari sosialisasi kampanye yang di tiadakan akibat pandemi korona, total biayanya senilai Rp 1,43 miliar.

“Selain itu beberapa biaya yang di hilangkan diantaranya, biaya pemutakhiran data senilai Rp1,42 miliar, kampanye Rp791 juta, operasional dan administrasi perkantoran Rp437 juta, penghitungan suara Rp 253 juta, pencalonan Rp195 juta, serta biaya lainnya yang akhirnya bisa di pangkas Rp5,26 M,” papar Abidin.

Selain itu, kata Abidin, dana pemangkasan ini juga akan dilakukan untuk penambahan Tempat Pemilihan Suara (TPS) yang akan ditambah sebanyak 638 TPS.

“Hal ini dilakukan untuk menghindari penyebaran Covid-19, dan pelaksaan social distanching dapat dilaksakan dengan baik oleh panitia Pilkada,” tutup Abidin. (Raden)