KPP Pratama Serang Barat Targetkan Penerimaan Pajak Rp1,268 Triliun

419
Walikota Serang Syafrudin Syafe'i bersama kepala KPP Pratama Serang Barat Triyani Yuningsih dan jajarannya berfoto bersama setelah diskusi terkait sinergis pemasukan pajak, Kota Serang, Jum'at (28/2) foto : Ekbisbanten.com

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Serang Barat menargetkan penerimaan pajak pada tahun 2020 sebesar Rp1,268 triliun atau naik Rp100 miliar dari capaian tahun 2019 sebesar Rp1,168 triliun.

Demikian terungkap saat Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Kantor Wilayah DJP Banten Sahat Dame Situmorang dan Kepala KPP Pratama Serang Barat Triyani Yuningsih beserta jajarannya berkunjung ke Kantor Pemerintah Kota Serang, di Kawasan Kota Serang Baru (KSB), Kota Serang, Jumat (28/2). Romobongan pegawai dilingkungan Kanwil DJP Banten ini diterima Walikota Serang Syafrudin Syafe’i diruang kerjanya.

Kunjungan ini juga membahas tentang sinergitas KPP Pratama Serang Barat dengan Pemkot Kota Serang dalam menggenjot penerimaan pajak untuk pembangunan Kota Serang.

Kepala KPP Pratama Serang Barat Triyani Yuningsih, memberikan apresiasi kepada Walikota Serang Syafrudin Syafe’i, karena menjadi contoh teladan bagi masyarakat Kota Serang, lantaran lebih awal menyampaikan laporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) tepat waktu.

“Kami sangat senang sekali pak Walikota sudah menyampaikan SPT nya sangat tepat waktu dan bisa menjadi contoh bagi masyarakat kota serang dalam menyapaikan SPT tepat waktu, karena makin awal makin nyaman,” ujar Triyani kepada Wartawan.

Pasalnya kata Triyani, kesadaran wajib pajak menyampaikan SPT Tahunan di Kota Serang masih sangat rendah.

“Tahun lalu 60 persen, padahal target kita minimal 73 persen. Sektor terbesar penerimaan pajak di Kota Serang berasal dari administrasi pemerintahan, dengan kontribusi sebesar 34 persen” katanya.

“Karena Itu KPP Pratama Serang Barat ingin bersinergis dengan pemerintah Kota Serang, dalam hal ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Kota Serang melaporkan SPT tepat waktu,” ujarnya.

Walikota Serang Syafrudin Syafe’i mengungkapkan, Pemerintah Kota Serang akan mendukung dan memfasilitasi masyarakat dalam melaporkan SPT Tahunan pajak.

“Saya melaporkan SPT sebelum batas 31 Maret untuk memberikan contoh kepada masyarakat. Tujuannya untuk sama-sama menyadari karena kesadaran masyarakat perlu diberikan contoh dari para pejabat,” ujar Syafrudin

Syafrudin melanjutkan, rencananya akan menyisir langsung wajib pajak (WP) di enam kecamatan di kota serang. Dengan harapan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melaporkan SPT.

“Apa lagi karena 80 persen dari penerimaan pajak ini akan digunakan untuk pembangunan Kota Serang. Untuk diketahui penerimaan terbesar pendapatan pajak dari administrasi pemerintahan sebesar 34 persen. Untuk itu, kami atas nama Pemerintahan Kota Serang akan mendorong kesadaran masyarakat dan kegiatan penyisiran akan dimulai diawal bulan maret,” lanjut Syafrudin

Yuningsih mengatakan, selain melakukan layananan penyampaian SPT di kantor, pihaknya juga akan memberikan sosialisasi sekaligus bimbingan teknologi denhan mendatangi langsung wajib pajak.

“Awal Maret kita akan melakukan sinergis yaitu melakukan penyisiran di enam kecamatan dengan pemerintah kota untuk meningkatkan kesadaran masyarakat kota serang untuk melaporkan SPT dan yang paling penting membayar pajak, ” tutup Triyani. (rohman)