Kota Cilegon Belum Bisa Laksanakan Vaksinasi Booster, Ini Penyebabnya

20
Dinkes Cilegon
Kepala Dinas Kesehatan Kota Cilegon Ratih Purnamasari saat sambutan dalam acara penyerahan hadiah lomba EKTP dan tenaga kesehatan teladan, Rabu (12/1/2022). Foto: Maulana/Ekbisbanten.com

CILEGON, EKBISBANTEN.COM – Kota Cilegon dipastikan belum bisa melakukan vaksinasi Covid-19 kepada anak usia 6-11 tahun dan booster karena capaian vaksinasi untuk lanjut usia (Lansia) masih terhitung rendah.

Diketahui, saat ini capaian vaksinasi lansia di Kota Baja tersebut baru mencapai 45,88 persen.

“Untuk booster khusus untuk saat ini belum, karena sedang mengejar usia lanjut terlebih dahulu. Kalau usia lanjut sudah mencapai target, boster dan anak anak baru bisa mendapatkan,” kata Walikota Cilegon Helldy Agustian usai acara penyerahan hadiah lomba Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (EKTP) dan Tenaga Kesehatan Teladan di Aula Setda, Rabu (12/1/2022).

Demi mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok, Helldy mengungkapkan dirinya telah menginstruksikan seluruh Lurah di Kota Cilegon untuk menggelar vaksinasi Covid-19 massal.

“Upaya kami sudah mengumpulkan lurah agar bisa bekerjasama dengan Puskesmas, kami juga akan melakukan vaksinasi yang lainnya,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon Ratih Purnamasari mengakui bahwa hari ini merupakan pembukaan untuk melaksanakan vaksinasi booster. Akan tetapi, Kota Cilegon bekum dapat melaksanakan karena capaian vaksinasi Covid-19 lansia belum mencapai 60 persen.

“Provinsi Banten itu baru 4 yang sudah bisa melakukan vaksin booster dan 4 yang belum. Kota Cilegon, Kota Serang, Pandeglang dan Lebak, itu yang belum,” ucapnya.

Namun, Ratih menyampaikan bahwa Kota Cilegon sebenarnya bisa melaksanakan vaksinasi booster, hanya saja ada persyaratan tertentu.

“Jadi untuk kota dan kabupaten yang belum mencapai 60 persen vaksin lansianya, hanya bisa melakukan booster pada usia lanjut yang sudah vaksin tahap dua,” terangnya.

Kendati demikian, Ratih menuturkan bahwa capaian vaksinasi Covid-19 tahap satu dan dua di Kota Cilegon terbilang cukup baik.

“Saat ini perlu dilaporkan bahwa capaian vaksinasi dosis pertama di Cilegon ada 81,54 persen, dosis kedua 71,15 persen,” katanya.***