Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 Dilepas, Ini Harapan Presiden Jokowi

5
Kontingen SEA Games
Presiden Joko Widodo diapit Menpora Zainudin Amali, Ketua Komite Olimpiade Indonesia, CdM Tim Indonesia untuk SEA Games Ferry Kono di Istana Negara, Senin (9/5/2022). (FOTO: M RIFQI/NOC).

EKBISBANTEN.COM – Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 dilepas oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Senin (9/5/2022).

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi menginginkan para atlet Indonesia untuk meraih prestasi setinggi-tingginya pada perhelatan yang digelar di Vietnam tersebut.

 “Hari ini kita melepas kontingen SEA Games ke-31 Vietnam. Saya ingin kontingen yang sekarang meraih prestasi setinggi-tingginya, meraih medali sebanyak-banyaknya, untuk mengharumkan negara kita, bangsa kita Indonesia,” katanya dalam rilis resmi yang diterima Ekbisbanten.com.

Selain itu, Presiden Jokowi juga menginginkan adanya peningkatan prestasi pada SEA Games 2021 dengan menembus peringkat tiga besar di pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara itu.

“Saya ingat SEA Games sebelumnya di Singapura pada 2015 kita di peringkat 5, kemudian di Malaysia (2017) juga masih peringkat 5, dan pada 2019 di Filipina kita masuk peringkat 4,” ungkapnya.

Kali ini, lanjut Presiden, kita semua ingin kita bisa masuk ke ranking ketiga, kedua, atau kesatu di SEA Games ke-31 di Vietnam.

 “Saya dengar bahwa seleksi telah dilakukan dengan baik dan kita harapkan prestasi itu bisa menetas,” tambahnya.

Sementara itu, Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 Vietnam Ferry Kono menuturkan, dirinya berharap atlet-atlet Indonesia termotivasi dengan pesan yang disampaikan Presiden RI Joko Widodo.

“Kami berharap ini bisa menjadi motivasi buat atlet kita, khususnya yang baru akan berangkat mengingat beberapa atlet lainnya sudah mulai bertanding,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan semoga semangat baru ini khususnya yang diberikan Presiden bisa menimbulkan rasa nasionalisme yang tinggi. “Sehingga atlet kita bisa berjuang lebih maksimal di SEA Games,” pungkasnya.*