Konsumsi Rumah Tangga Jadi Pendorong Utama Pertumbuhan Ekonomi di Banten

Esih Yuliasari

| 12 Februari 2024

| 13:00 WIB

BI Banten
Taklimat Media yang digelar oleh Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten. (FOTO: ESIH/EKBISBANTEN.COM).

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Konsumsi Rumah Tangga masih menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi di Banten sepanjang tahun 2023.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten, Ameriza Ma’ruf Moesa dalam Taklimat Media Laporan Perekonomian Provinsi Banten edisi November 2023 yang digelar di Saba Resto, Senin (12/2/2024).

“Dari sisi permintaan, pertumbuhan ekonomi Banten sepanjang 2023 masih didorong oleh Konsumsi Rumah Tangga yang menguasai 52,47 persen dari share PDRB dan tumbuh sebesar 3,96 persen secara year on year,” katanya.

Ameriza mengatakan hal tersebut tidak terlepas dari meningkatnya optimisme masyarakat terhadap kondisi ekonomi dan berlanjutnya penyaluran Bantuan Sosial oleh Pemerintah.

“Pada triwulan IV 2023, Konsumsi Rumah Tangga tumbuh 3,00 persen year on year meningkat dibanding triwulan III, sebagaimana siklus tahunan. Peningkatan ini didorong oleh peningkatan mobilitas Masyarakat di momen Hari Besar Keagamaan Nasional dan Tahun Baru,” jelasnya.

Lebih lanjut, Ameriza menjelaskan pertumbuhan ekonomi Banten pada triwulan IV 2023 mencapai 4,85 persen secara year on year atau tumbuh 1,79 persen (qtq).

Editor :Rizal Fauzi

Tags

Bagikan Artikel

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Scroll to Top