Selasa, 25 Juni 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Komitmen Cegah Korupsi, Inspektorat Cilegon Diundang ke Istana Negara

Esih Yuliasari

| 21 Mei 2024

| 15:00 WIB

Helldy Agustian
(FOTO: DISKOMINFO KOTA CILEGON).

CILEGON, EKBISBANTEN.COM – Inspektorat Kota Cilegon mendapat undangan ke Istana Negara Jakarta untuk menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Internal (Rakornas Wasin) yang digelar Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), pada Rabu, 22 Mei 2024.

Rencananya, Rakornas Wasin yang mengusung tema “Mengawal Penuntasan Pembangunan Jangka Menengah untuk Kesinambungan Pembangunan” tersebut dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo dan dihadiri 15 perwakilan pemerintah daerah provinsi, kabupaten dan kota.

Inspektur Kota Cilegon Mahmudin mengaku bangga mendapat undangan khusus ke Istana Negara. Apalagi, dari puluhan kota se-Indonesia, hanya Kota Cilegon dan Kota Gorontalo yang diundang.

“Ini suatu kehormatan yang luar biasa bagi kami karena hanya ada dua kota se-Indonesia. Tetapi, pengakuan dan penghargaan dari pemerintah pusat ini tidak lepas berkat dorongan pimpinan yang luar biasa, terutama Pak Wali Kota,” kata Mahmudin, sebagaimana dirilis Diskominfo Cilegon.

Menurut Mahmudin, diundangnya Inspektur Kota Cilegon ke Istana Negara, kemungkinan karena Pemkot Cilegon telah melakukan Nota Kesepatan (MoU) dan Perjanjian Kera Sama dengan BPKP dalam hal Penyelenggaraan Laboratorium Manajemen Risiko dan Kapabilitas Aparat pengawasan Intern Pemerintah (APIP).

Selain itu, pertimbangan lainnya, kata Mahmudin, karena Inspektorat Kota Cilegon dalam melakukan pengawasan intern telah berbasis risiko dan pengawasan lintas sektoral seperti pengawasan sektor pengangguran terbuka, kemiskinan dan stunting sesuai Perpres Nomor 39 Tahun 2023 tentang Manajemen Risiko Pembangunan Nasional, serta Permendagri Nomor 19 Tahun 2023 tentang Perencanaan Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah.

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top